Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelabuhan Internasioanal Sekupang Batam Tambah Trip Jelang Nataru

Kompas.com - 13/12/2022, 20:08 WIB
Hadi Maulana,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Jelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), operator kapal pelayaran internasional mulai bersiap mengantisipasi lonjakan penumpang.

Pengelola Pelabuhan Internasional Sekupang di Batam, Kepulauan Riau, Julmarly, mengatakan bahwa sebanyak tiga operator kapal yakni Batamfast, Sindoferry, dan Majestic telah menambah trip perjalanan dalam sehari.

Baca juga:

“Saat ini ada 13 trip perjalanan yang tersedia dan beroperasi setiap harinya,” kata Julmarly saat ditermui di Pelabuhan Ferry Internasional Sekupang, Selasa (13/12/2022).

Ia memperkirakan lonjakan penumpang baru terlihat pada Selasa (20/12/2022) mendatang. Berdasarkan informasi dari agen, ada peningkatan pemesanan sepekan jelang tahun baru.

Baca juga: 62 Kapal di Pelabuhan Merak-Bakauheni Siap Layani Nataru 2022/2023

“Untuk jumlah kita belum tahu ini. Biasanya sampai ada 26 trip dari operator jelang hari libur ini. Karena masih menunggu dari agen datanya. Tapi mudah-mudahan bisa banyak lah yang masuk tentunya,” jelas Julmarly.

Adapun persiapan jelang libur Nataru sudah sesuai dengan jadwal yang ada, dan masing-masing operator sudah melakukan antisipasi lonjakan penumpang. Ia pun berharap angka kunjungan akhir tahun ini bisa meningkat. 

“Semoga bisa balik seperti tahun sebelumnya, ketika belum pandemi. Pelabuhan Sekupang ini kan salah satu pilihan bagi wisman (wisatawan mancanegara) asal Singapura. Jadi kalau ramai tentu semua akan terdampak,” terangnya.

Julmarly melanjutkan bahwa sebelum pandemi, jumlah penumpang di pelabuhan ini mencapai ribuan orang. Jumlah ini dapat meningkat pada akhir pekan. 

Baca juga:

“Biasanya Jumat sudah mulai masuk, Sabtu pagi itu paling ramai. Kalau dulu kita bisa lihat (calon penumpang) bisa berjejer di depan pelabuhan, mungkin dalam waktu dekat ini hal itu bisa terwujud kembali,” tuturnya.

Saat ini, tambahnya, belum ada alasan wisman membatalkan perjalanan mereka ke Batam. Menurutnya, Batam cukup aman dikunjungi, termasuk untik menghabiskan waktu liburan Nataru.

"Singapura biasanya kalau datang bareng keluarga. Jadi ramai yang masuk. Semoga ada kemajuan di bidang pariwisata di Batam ke arah yang lebih baik," pungkas Julmarly.

Baca juga: Beda Kapal Ferry Express dan Reguler, Jangan Salah Pilih 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com