Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesona Air Terjun Cunca Murung yang Dekat Sawah di NTT

Kompas.com - 14/12/2022, 10:50 WIB
Markus Makur,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

RUTENG, KOMPAS.com - Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), wajib dikunjungi oleh wisatawan pencinta wisata alam, khususnya air terjun, karena di wilayah ini terdapat banyak air terjun yang belum terekspos. Salah satunya Air Terjun Cunca Murung.

Berlokasi di Kelurahan Bangka Leda, Kecamatan Langke Rembong, air terjun ini dapat dicapai setelah berjalan kaki selama 15 menit dari Kampung Leda. 

Baca juga:

"Pengunjung akan melewati perkebunan kopi dan persawahan milik warga Leda, (sekaligus) trekking di Sungai Wae Lerong," kata Staf Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Timur Albertus Jehamin kepada Kompas.com, Selasa (13/12/2022).

Air Terjun ini, lanjutnya, juga berjarak cukup dekat dengan kompleks Susteran Wae Lengkas.

Bisa dipadukan dengan berbagai daya tarik wisata lainnya

Albertus menjelaskan, jalur menuju air terjun ini dapat dipadukan dengan jalur wisata budaya Ruteng Pu’u yang sudah terkenal.

Pengunjung juga dapat mencapai Air Terjun Cunca Murung dengan bersepeda dari Kota Ruteng, lalu dilanjutkan dengan trekking menuju air terjun.

Baca juga:

Sementara itu, Pemerintah Kelurahan Bangka Leda melalui Lurah Bangka Leda Ishak Genggor menyampaikan, wacana pengelolaan daya tarik wisata air terjun ini nantinya akan diupayakan untuk dilakukan sepenuhnya oleh masyarakat Bangka Leda.

"Pesona alam yang masih alami dan aktivitas pertanian tradisional menjadi salah satu daya tarik alternatif yang dapat dilakukan di kawasan pertanian di sekitar Air terjun Cunca Murung," tuturnya.

Sebagai informasi, wisata pertanian yang ada selama ini diminati dan dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Wisatawan lokal sering kunjungi Air Terjun Cunca Murung

salah satu destinasi wisata di Kota Ruteng di Kabupaten Manggarai yakni Air Terjun Cunca Murung, Kelurahan Bangka Leda, Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai, NTT, Selasa, (13/12/2022). (DOK/WARGA RUTENG-INDRA WODA)DOK/WARGA RUTENG-INDRA WODA salah satu destinasi wisata di Kota Ruteng di Kabupaten Manggarai yakni Air Terjun Cunca Murung, Kelurahan Bangka Leda, Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai, NTT, Selasa, (13/12/2022). (DOK/WARGA RUTENG-INDRA WODA)

Albertus Jehamin menambahkan, wisatawan lokal dari Kota Ruteng sering berwisata di Air Terjun Cunca Murung.

Oleh sebab itu, tempat wisata di sekitar Kota Ruteng dinilai cukup lengkap. Wisatawan bisa mengunjungi kampung adat Ruteng Puu, persawahan jaring laba-laba Lingko Ratung, Gereja Katedral Ruteng, perkebunan kopi, dan Liang Bua.

Baca juga: Menjelajahi Alam di Rahong Utara NTT, Menikmati Air Terjun Cunca Lega

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com