Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Perkuat Kolaborasi, Kemenparekraf Gelar Wonderful Indonesia Co-Branding Awards 2022

Kompas.com - 15/12/2022, 12:27 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) melalui Deputi Bidang Pemasaran menyelenggarakan ajang penghargaan Wonderful Indonesia untuk para mitra co-branding yang secara resmi menjadi bagian kemitraan co-branding.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan, kemitraan co-branding tersebut merupakan manifestasi dari salah satu kata kunci yang sering didengungkan, yaitu kolaborasi.

“Hal (Co-Branding Awards) ini dapat menjadi bentuk terima kasih sekaligus stimulus yang baik agar setiap mitra tetap dan bahkan meningkatkan kontribusinya terhadap pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia dalam balutan brand yang kita cintai, Wonderful Indonesia,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (12/12/2022).

Selain itu, kata dia, Wonderful Indonesia diharapkan mampu bersifat 360, yaitu dapat dijumpai mulai dari saat bangun tidur pada pagi hingga malam hari dalam segala aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Kemenparekraf Dorong Bantul Jadi Kota Kreatif Dunia

Sandiaga mengatakan, berdasarkan Travel and Tourism Development Index (TTDI) 2021, Indonesia berada di peringkat ke-32 dengan pesaing terdekat Thailand di peringkat ke-36 dan Malaysia di peringkat ke-38.

Dalam salah satu indikator individual, yaitu Country Brand Strategy Rating, Indonesia menduduki peringkat ke-25.

Sandiaga menegaskan, hal itu menunjukan Indonesia memiliki inovasi yang baik dan harus terus ditingkatkan. Dia pun mengapresiasi seluruh mitra yang selama ini sudah berkontribusi.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparerkaf RI, Ni Made Ayu Marthini menambahkan, kerja sama co- branding yang dilakukan oleh Kemenparekraf dengan korporasi memiliki tiga tujuan utama.

Ketiga tujuan tersebut, yaitu peningkatan brand equity Wonderful Indonesia sebagai identitas pariwisata Indonesia, memperluas penetrasi pasar dan jangkauan, serta adanya pemanfaatan sumber daya dari setiap pihak yang terlibat.

Baca juga: Dorong Wistawan Nusantara, Kemenparekraf Luncurkan 100 Paket Wisata Jelang Libur Nataru

Made juga menyampaikan, Co-Branding Awards 2021 memiliki empat kategori, yaitu Best Exposure, Most Collaborative, Most Creative, dan Most Participative dengan masing-masing dibagi kembali dalam Gold, Silver, dan Bronze.

Saat ini, sudah ada sekitar 75 brands yang tergabung dan menjalin komitmen untuk berkolaborasi yang dikukuhkan secara legal dengan dokumen memorandum of understanding (MoU) dan perjanjian kerja sama (PKS).

Wonderful Indonesia Co-Branding Awards 2022 merupakan ajang keempat setelah diselenggarakan pada 2018, 2019, dan 2021.

Program tersebut bertujuan melahirkan dan mempertahankan semangat dari para mitra untuk mengembangkan kegiatan pemasaran pariwisata dan ekonomi kreatif melalui brand Wonderful Indonesia.

Melalui Co-Branding Awards 2022, industri pariwisata dan ekonomi kreatif diharapkan bisa terus berkembang dan matang. Dengan demikian, para mitra bisa memperoleh manfaat dari berbagai aspek bisnis, baik yang sifatnya langsung maupun tidak langsung.

Baca juga: Peluncuran Event Wisata Kota Yogyakarta 2023 Ditargetkan Masuk Kalender Nasional Kemenparekraf

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com