Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunungkidul Targetkan 148.000 Kunjungan Wisatawan Saat Libur Nataru

Kompas.com - 15/12/2022, 12:29 WIB
Markus Yuwono,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menargetkan lebih dari 140.000 kunjungan wisatawan saat libur Natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru), tepatnya mulai Sabtu (24/12/2022) sampai Minggu (1/1/2023).

"Target kita untuk libur Nataru 148.305 (kunjungan) wisatawan yang akan berkunjung," kata Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Mohammad Arif Aldian, saat dihubungi Kompas.com melalui telepon, Kamis (15/12/2022).

Baca juga:

Ia menambahkan, pihaknya tidak menyiapkan acara khusus untuk menyambut wisatawan, namun akan ada acara untuk menyambut pengunjung di tempat wisata.

"Tidak ada agenda dari kami, namun ada beberapa destinasi yang menyiapkan event (acara), seperti di Pantai Wediombo dan beberapa desa wisata," kata Arif.

Walau tidak ada banyak hiburan, menurutnya berlibur di Gunungkidul untuk menyongsong akhir tahun bisa dinikmati dengan cara lain, dari berkemah hingga menginap di hotel atau homestay yang ada.

Saat ini sudah banyak hotel atau penginapan dengan kondisi yang baik di kawasan Bumi Handayani ini.

"Berkunjung ke Gunungkidul itu cocok untuk liburan bersama keluarga, bisa belajar sambil menikmati keindahan alam," kata dia.

Baca juga: Rute Alternatif ke Gunungkidul, Bisa Lewat Pantai Parangtritis

Arif mengatakan bahwa, dalam menyambut libur Nataru, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk desa wisata dan kelompok sadar wisata. Selain itu, ada pula layanan kesehatan untuk menyambut para wisatawan.

"Yang paling penting adalah keselamatan dan kenyamanan wisatawan itu yang menjadi prioritas selama libur nataru," kata Arif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com