BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Korea Tourism Organization

Ingin Berlibur ke Korea pada Musim Dingin dan Semi? Ini Rekomendasi Tempat serta Festival yang Bisa Dikunjungi

Kompas.com - 16/12/2022, 13:16 WIB

 

KOMPAS.com - Korea merupakan salah satu tujuan berlibur favorit masyarakat Indonesia. Hal ini tak bisa dilepaskan dari popularitas budaya pop Korea, seperti Korean Pop (K-Pop) dan Korean Drama (K-Drama), yang merambah banyak negara di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Musim dingin dan semi bisa menjadi pilihan waktu terbaik bagi wisatawan untuk mengunjungi Negeri Ginseng. Pada kedua musim ini, wisatawan bisa menikmati pesona dan festival khas Korea yang tidak ada di lain tempat.

Berikut adalah destinasi dan aktivitas menarik di Korea yang bisa dikunjungi pada musim dingin dan semi.

Spot dan aktivitas menarik di Korea pada musim dingin

1. Namsan Seoul Tower

Namsan Seoul Tower merupakan bagunan ikonik setinggi lebih dari 200 meter (m) di Seoul. Tower yang mulai beroperasi pada 1971 ini menjadi salah satu spot wisata yang wajib dikunjungi wisatawan selama berada di Seoul.

Pada musim dingin, terutama malam hari, Namsan Seoul Tower beserta area di sekitarnya begitu memesona. Wisatawan akan disuguhkan pemandangan hamparan salju putih dan kelap-kelip lampu warna-warni.

Namsan Seoul Tower saat musim dingin. DOK. KTO. Namsan Seoul Tower saat musim dingin.

Agar liburan semakin berkesan, sambangilah restoran yang berada di atas Namsan Seoul Tower. Di sini, wisatawan bisa menyantap berbagai sajian menggugah selera sembari menikmati keindahan Seoul dari ketinggian pada musim dingin.

Baca juga: 8 Tips Liburan ke Korea Selatan untuk Pemula, Bikin Anggaran

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengabadikan kunjungan dengan menulis nama diri sendiri dan pasangan di gembok cinta yang menggantung di pagar Namsan Seoul Tower.

2. Deogyusan National Park

Kawasan Deogyusan juga menjadi salah satu destinasi wisata populer musim dingin yang wajib dikunjungi. Adapun kawasan ini terletak di provinsi Jeollabuk-do dan Gyeongsangnam-do atau berjarak sekitar 206 km dari Seoul.

Pada musim dingin, wisatawan akan disuguhkan pemandangan menakjubkan dari pepohonan indah yang tertutup embun beku serta bentangan salju yang menghampar luas di perbukitan.

Selama berada di kawasan tersebut, kamu dapat melakukan berbagai hal seru, seperti naik ke puncak Gunung Deogyusan dengan gondola serta bermain ski dan snowboarding di Deogyusan Resort.

Setelah puas bermain ski, wisatawan dapat menikmati terapi spa air panas sembari melihat hamparan salju yang indah sejauh mata memandang.

3. Alpensia Ski Jumping Center

Selain Deogyusan Resort, spot favorit lain untuk menikmati musim dingin di Korea adalah Alpensia Ski Jumping Center yang terletak di Pyeongchang, Provinsi Gangwon (Gangwon-do). Kawasan ini merupakan arena ski kelas dunia yang digunakan pada ajang Olimpiade Musim Dingin 2018.

Berbagai aktivitas seru ditawarkan di Alpensia Ski Jumping Center, mulai dari melihat pemandangan lanskap yang tertutup salju, menaiki platform lompat ski setinggi 90 meter, menjajal monorel, hingga bermain ski.

Baca juga: Liburan ke Korea Selatan Bebas Karantina Mulai 1 April, Asal Sudah Divaksin

Arena ski di Alpensia Ski Jumping Center dibagi berdasarkan tingkatan level para pemain, yakni beginner level, intermediate level, dan advance level.

4. Ojukheon House

Bagi penggemar drama Korea, Ojukheon House yang terletak di Gangneung, Gangwon-do, tak boleh dilewatkan. Pasalnya, rumah tradisional itu menjadi lokasi syuting drama Saimdang, Memoir of Colors yang dibintangi Lee Young-ae dan Song Seung-heon. Drama ini menceritakan kisah kehidupan pelukis sekaligus cendekiawan Korea pada masa Dinasti Joseon, Shin Saimdang.

Arsitektur Ojukheon House mengusung gaya seni praktis dan keindahan periode Joseon. Di rumah tersebut, wisatawan bisa melakukan napak tilas kehidupan Shin Saimdang dan anaknya yang juga seorang cendekiawan, Yulgok Yi Yi.

Berbagai benda bersejarah karya kedua sosok tersebut turut dipajang di rumah itu, seperti keramik, karya seni Budha, serta peralatan rumah tangga tradisional. Karya ini bisa disaksikan di Folk Tradition Hall, History Culture Hall, dan The Outdoor Exhibition Area.

5. Seongyojang House

Tak jauh dari Ojukheon House, wisatawan bisa mampir ke Seongyojang House. Tempat ini merupakan rumah tradisional kelas menengah atas berusia 300 tahun yang didirikan pada masa periode Joseon.

Wisatawan dapat melakukan beragam aktivitas seru di rumah tradisional tersebut, seperti menikmati teh ala bangsawan Korea, memahat kayu, serta membuat karya seni dari kertas. Saat musim dingin, wisatawan dapat menikmati alat pemanas alami di rumah tersebut.

Seongyojang House menawarkan pengalaman wisata yang menarik saat musim dingin. DOK. KTO. Seongyojang House menawarkan pengalaman wisata yang menarik saat musim dingin.

Selain memiliki tempat wisata yang ikonik, Gangwon-do juga kerap menyelenggarakan berbagai festival musim dingin yang seru di berbagai kota. Berikut adalah dua festivalnya.

1. Festival Es Hwacheon Sancheoneo

Festival Es Sancheoneo yang berlangsung di Hwacheon menjadi acara yang patut dikunjungi pada musim dingin.

Di festival yang berlangsung sekitar Januari itu, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas seru, seperti bermain ski, ice sledding, ice soccer, ice racing competition, serta kontes memancing ikan di atas es.

Wisatawan yang ingin mengikuti kontes tersebut tak perlu khawatir akan aspek keamanannya karena ketebalan es telah diuji coba sebelum festival diadakan.

Sebelum digunakan, ketebalan es harus lebih dari 40 sentimeter (cm) sehingga es tidak mudah mencair, retak, ataupun pecah. Hal ini untuk mencegah pengunjung jatuh ke dalam air dingin di bawah es.

2. Festival Trout Pyeongchang

Festival menarik lain yang juga digelar di Gangwon-do adalah Festival Trout di Pyeongchang. Sama seperti festival Es Hwacheon Sancheoneo, Festival Trout di Pyeongchang berlangsung pada Januari.

Di festival itu, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas seru, seperti menangkap ikan trout dengan tangan kosong di kolam, bermain ice skating, ice sledding, mengendarai all-terrain vehicle (ATV), bobsleigh, arung jeram, kereta luncur, serta berkemah.

Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati sajian ikan trout di sekitar wilayah festival dengan harga yang bervariasi. Ikan trout biasanya disajikan dalam keadaan mentah.

Spot dan aktivitas menarik di Korea pada musim semi

1. Mengunjungi Pulau Jeju

Pulau Jeju merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Korea, khususnya pada musim semi. Wisatawan dapat melihat berbagai bunga bermekaran di pulau yang berjarak sekitar 450 km dari Seoul ini pada waktu tersebut.

 

Musim Semi di Jeju. DOK.KTO. Musim Semi di Jeju.

Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati suasana pegunungan yang masih murni di sepanjang pantai Jeju. Adapun spot wisata menarik yang bisa dikunjungi di pulau ini adalah Taman Nasional Hallasan, Seongsan Ilchulbong, Pantai Hamdeok Seoubong, serta Air Terjun Cheonjiyeon.

2. Mengunjungi Pulau Udo

Pulau Udo terletak di sebelah timur Pulau Jeju dan berjarak sekitar 450 km dari Seoul. Sejatinya, pulau ini merupakan dataran bekas lava dengan petak-petak yang subur sehingga baik digunakan untuk bercocok tanam.

Baca juga: Kunjungi 12 Lokasi Syuting The World of the Married, Liburan ke Korea Kelar Corona

Musim semi merupakan waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Udo. Pasalnya, wisatawan dapat melihat tumbuh-tumbuhan mulai bermekaran sembari menikmati keindahan pantai di pulau ini.

Pulau Udo menawarkan pengalaman liburan musim semi yang tak terlupakan untuk wisatawan. DOK. KTO. Pulau Udo menawarkan pengalaman liburan musim semi yang tak terlupakan untuk wisatawan.

Bila datang ke pulau tersebut, wisatawan bisa mengunjungi berbagai spot wisata yang sudah terkenal, seperti pantai putih Seobin Baeksa atau melihat pemandangan laut yang indah dari puncak tertinggi Pulau Udo, yakni di Puncak Udobong dengan ketinggian 132,5 m.

Wisatawan bisa bersepeda atau mengendarai naik all terrain vehicle (ATV) dan electric vehicle (EV) untuk menikmati suasana di sekitar pulau.

Itulah daftar tempat wisata yang bisa kamu kunjungi pada musim dingin dan semi di Korea. Selain tempat wisata dan festival tersebut, Korea masih memiliki spot wisata menarik lain yang bisa dikunjungi, baik pada musim gugur maupun musim panas. Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan vakansi kamu ke Korea dan rasakan pengalaman liburan yang tak terlupakan.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.