Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AP I Layani 51 Reaktivasi dan Pembukaan Rute Baru pada Oktober-November 2022

Kompas.com - 16/12/2022, 17:05 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  PT Angkasa Pura I mencatat telah melayani sebanyak 51 reaktivasi rute dan pembukaan rute penerbangan baru pada periode Oktober-November 2022.

Adapun rincian dari 51 rute itu termasuk 22 reaktivasi rute internasional, 8 reaktivasi rute domestik, dan 21 pembukaan rute baru domestik.

Baca juga:

"Selama periode Oktober-November (2022), kami kembali mencatat adanya pertumbuhan rute penerbangan yang dilayani di bandara yang dikelola Angkasa Pura I, baik rute internasional maupun domestik," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Jumat (16/12/2022).

Lebih lanjut, selama Oktober, tercatat sebanyak 12 reaktivasi rute internasional, 8 reaktivasi rute domestik, dan 14 pembukaan rute baru domestik.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Sedangkan pada November, terdapat sebanyak 10 reaktivasi rute internasional dan 7 pembukaan rute baru domestik.

Kata Faik Fahmi, tren pertumbuhan rute penerbangan ini merupakan salah satu indikator akan adanya pertumbuhan penumpang jelang periode libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023.

Bandara Angkasa Pura I yang layani reaktivasi rute dan pembukaan rute baru

Berikut sejumlah bandara Angkasa Pura I yang melayani reaktivasi rute dan pembukaan rute baru pada periode Oktober-November 2022.

  • Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, dengan 13 rute internasional dan 5 rute domestik.
  • Bandara Internasional Yogyakarta, dengan 3 rute internasional dan 8 rute domestik.
  • Bandara Juanda Surabaya, dengan 4 rute internasional dan 3 rute domestik.
  • Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, dengan 1 rute internasional dan 1 rute domestik.
  • Bandara Internasional Lombok, dengan 1 rute internasional dan 1 rute domestik.
  • Bandara El Tari Kupang, dengan 6 rute domestik.
  • Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, dengan 4 rute domestik.
  • Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, dengan 1 rute domestik. 

"Pada periode ini, terdapat 14 maskapai yang melakukan reaktivasi rute internasional, serta 6 maskapai yang melakukan reaktivasi dan membuka rute baru domestik," tambah Faik Fahmi.

Untuk rute internasional periode Oktober-November, maskapai penerbangan hanya melakukan reaktivasi saja.

Baca juga: Hingga Oktober 2022, Penumpang Angkasa Pura I Naik 95 Persen Dibanding 2021

Adapun rinciannya yaitu Indonesia AirAsia dengan 5 reaktivasi rute, Scoot dengan 3 reaktivasi rute, Malaysia Airlines dengan 2 reaktivasi rute, dan Singapore Airlines dengan 2 reaktivasi rute.

Pesawat Garuda Indonesia yang melayani rute Melbourne-Bali pergi-pulang.Dok. Garuda Indonesia Pesawat Garuda Indonesia yang melayani rute Melbourne-Bali pergi-pulang.

Berikutnya ada Korean Air, EVA Air, AirAsia Malaysia, Batik Air, Batik Air Malaysia, Garuda Indonesia, Citilink, Jetstar Asia, AirAsia Xtra, dan Cathay Pacific, masing-masing dengan 1 reaktivasi rute. 

Kemudian untuk rute domestik, maskapai yang melakukan reaktivasi rute dan pembukaan rute baru adalah Super Air Jet dengan 12 pembukaan rute baru, dan Trans Nusa dengan 7 pembukaan rute baru.

Berikutnya ada maskapai Citilink dengan empat reaktivasi rute, Wings Air dengan 2 reaktivasi rute dan 1 pembukaan rute baru, Batik Air dengan 2 reaktivasi rute, serta Pelita Air Service dengan 1 pembukaan rute baru.

Baca juga: Pergerakan Penumpang di Bandara AP I Capai 4,89 Juta Selama November 2022

Dengan penambahan 51 rute pada periode Oktober-November 2022, Angkasa Pura I secara total telah melayani sebanyak 195 reaktivasi rute dan pembukaan rute baru sepanjang bulan Januari-November 2022.

Jika dirinci, terdapat 118 reaktivasi rute internasional dan dua pembukaan rute baru internasional, serta 18 reaktivasi rute domestik dan 57 pembukaan rute baru domestik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com