Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Wisata Murah di Semarang untuk Libur Akhir Tahun, Ada yang Gratis 

Kompas.com - 17/12/2022, 17:04 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Semarang memiliki banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi saat libur akhir tahun dan tahun baru. Mulai dari wisata alam, sejarah, taman rekreasi, wisata budaya, dan sebagainya.

Selain itu, Kota Atlas ini menawarkan sejumlah wisata murah sehingga semakin dilirik wisatawan. Jika kamu ingin libur akhir tahun murah meriah, sejumlah destinasi wisata ini bisa dipertimbangkan.

Baca juga: 11 Tempat Wisata di Semarang, Cocok buat Liburan Keluarga

Tempat wisata murah di Semarang

Berikut wisata murah di Semarang untuk libur akhir tahun seperti dirangkum Kompas.com.  Beberapa diantaranya justru tidak dipungut biaya alias gratis

1. Simpang Lima

Kawasan Simpang Lima Semarang, Jawa TengahDok. Pemkot Semarang Kawasan Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah
 

Kawasan Simpang Lima merupakan salah satu ikon Kota Semarang. Pengunjung tidak dipungut biaya saat berkeliling di kawasan Simpang Lima.

Mengutip Kompas.com (25/4/2022), wisatawan bisa mencicipi beragam kuliner di area Simpang Lima. Mulai dari opor ayam, mi ayam, nila bakar, nasi goreng seafood dan masih banyak lagi.

Kawasan Simpang Lima terkenal dengan becak lampu berwarna warni. Namun, jika hendak naik becak lampung pengunjung harus membayar biaya sewa berkisar dari Rp 35.000 sampai dengan Rp 60.000, untuk dua kali keliling. 

Baca juga: 5 Hotel Dekat Alun-alun Bandungan Semarang, Bisa Jalan Kaki 7 Menit

2. Kota Lama 

Gedung Marba di kawasan Kota Lama Semarang, Jumat (29/4/2022)KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Gedung Marba di kawasan Kota Lama Semarang, Jumat (29/4/2022)

Tak lengkap rasanya berwisata ke Semarang tanpa mengunjungi kawasan Kota Lama. Wisatawan bisa berkeliling atau berfoto di kawasan Kota Lama tanpa dipungut biaya.

Kecuali, jika wisatawan hendak masuk ke salah satu atraksi atau makan di kafe dan restoran.

Mengutip situs Visit Jawa Tengah, wisatawan yang berkunjung di Kota Lama dapat menyaksikan  gedung-gedung tua peninggalan Hindia Belanda yang usianya ratusan tahun. 

Beberapa spot yang menjadi favorit wisatawan adalah Gereja Blenduk, Taman Srigunting, Gedung Asuransi Jiwasraya, Gedung Bank Mandiri, Rumah Akar, Gedung Oudetrap, Semarang Art Gallery, De Spiegel, Marba, dan lainnya.

Baca juga: 7 Hotel Murah Dekat Simpang Lima Semarang untuk Tahun Baruan 

3.Brown Canyon 

Brown Canyon di Tembalang Semarang, wisata bekas galian yang ramai untuk swafoto, Rabu (28/12/2016).KOMPAS.com / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Brown Canyon di Tembalang Semarang, wisata bekas galian yang ramai untuk swafoto, Rabu (28/12/2016).

Obyek wisata Brown Canyon sempat viral di media sosial. Sebab, tempat ini disebut mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat.

Ada tebing-tebing yang menjulang tinggi berwarna coklat tanah, sehingga menyerupai Grand Canyon. Obyek wisata yang berlokasi di Rawosari, Tembalang, Semarang ini, adalah bekas galian tambang.

Wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang tebing tersebut tanpa dipungut biaya.

4. Masjid Agung Jawa Tengah 

Masjid Agung Jawa Tengah.SHUTTERSTOCK/NONOT Masjid Agung Jawa Tengah.

Masjid Agung Jawa Tengah merupakan obyek wisata religi yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Para pengunjung tidak dipungut biaya ketika memasuki area masjid.

Mengutip Kompas.com (25/8/2022), ikon dari masjid ini adalah payung-payung raksasa. Selain beribadah, pengunjung bisa menikmati arsitektur masjid yang bergaya perpaduan Arab dan Jawa.

Lokasi Masjid Agung Jawa Tengah berada di Jalan Gajahraya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Semarang.

Baca juga: Menikmati Kemegahan Arsitektur Masjid Agung Jawa Tengah

5. Taman Tabanas

Bukit Gombel UngaranShutterstock Bukit Gombel Ungaran

Taman Tabanas berada di Bukit Gombel, Ungaran. Obyek wisata gratis ini berada di ketinggian sehingga menyajikan panorama Kota Semarang.

Mengutip Tribun Jateng (2/1/2017), nama Tabanas diambil dari Tugu Tabanas yang menjulang di kawasan tersebut.

Adapun, waktu terbaik berkunjung ke Taman Tabanas adalah malam hari sehingga wisatawan bisa melihat gemerlap cahaya lampu perkotaan.

Jika lapar, wisatawan bisa berkunjung ke sejumlah warung kuliner dan restoran di Taman Tabanas. Kawasan ini menjadi salah satu lokasi favorti untuk merayakan malam tahun baru.

Baca juga: 4 Tips Wisata ke Dusun Salju Semarang, Isi Kartu Makan secara Tunai

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com