Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/12/2022, 19:31 WIB

BATU, KOMPAS.com - Kawasan wisata Air Terjun Coban Talun yang berada di Desa Tulungrejo, Kota Batu rencananya akan dibenahi oleh pemerintah desa setempat. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan daya tarik wisatawan yang berkunjung.

Kepala Desa Tulungrejo, Suliono mengatakan, pihaknya masih menyiapkan perencanaan konsep dan anggaran untuk membenahi air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 50 sampai 60 meter itu.

Rencananya ada beberapa hal yang akan dibenahi, mulai dari taman bunga, permainan anak, pasar wisata, lahan parkir, hingga menambah fasilitas air hangat di toilet-toilet.

Baca juga: Taman Rekreasi Selecta di Kota Batu: Jam Buka, Tiket Masuk, Aktivitas

"Mulai tahun 2023, konsepnya tetap wisata alam dan tidak akan mengubah apa pun, hanya melengkapi saja supaya minat masyarakat berkunjung lebih tinggi," kata Suliono kepada Kompas.com, Senin (19/12/2022).

Menurutnya, kawasan Coban Talun penting untuk segera dibenahi karena sudah kalah bersaing dengan wisata air terjun lainnya.

Rp 5 miliar untuk perbaikan Coban Talun

Rencananya, anggaran sebesar Rp 5 miliar selama tiga tahun akan dipersiapkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

"Di sekitar Batu ini sudah banyak wisata alam yang kondisinya lebih baik, seperti Coban Rondo, Coban Rais yang memiliki fasilitas lebih, sehingga lebih baik kami juga meningkatkan pelayanan kepada wisatawan," tutur Suliono.

Baca juga: 10 Wisata di Kota Batu dan Malang, Pas Dikunjungi Saat Libur Nataru

Sementara itu, Supervisor Site Coban Talun, Sugeng Priyanto mengatakan bahwa saat ini rata-rata pengunjung yang datang di hari kerja sekitar 100 orang setiap harinya. Sedangkan saat akhir pekan pada Sabtu dan Minggu bisa mencapai 400 orang setiap harinya.

Pengunjung yang datang saat ini masih didominasi dari wilayah Malang Raya dan daerah Jawa Timur lainnya. Dia berharap jelang akhir tahun, wisatawan yang datang bisa meningkat dibandingkan hari-hari biasanya.

Kawasan Wisata Air Terjun Coban Talun yang berada di Desa Tulungrejo, Kota Batu.Dok. Supervisor Site Coban Talun Kawasan Wisata Air Terjun Coban Talun yang berada di Desa Tulungrejo, Kota Batu.

"Memang meningkat dibandingkan dua tahun pandemi Covid-19 lalu, tapi belum signifikan masih sekitar 10 sampai 20 persen," katanya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+