Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/12/2022, 21:02 WIB

KOMPAS.com - Pembatalan kenaikan tarif masuk Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebesar Rp 3,75 juta yang rencananya akan berlaku awal Januari 2023, telah diumumkan.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Vinsensius Jemadu, melaporkan bahwa geliat wisatawan di Labuan Bajo sudah mulai tampak jelang libur akhir tahun Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, setelah informasi pembatalan itu keluar.

Baca juga:

"Saya juga mendengar kabar dalam seminggu terakhir, beberapa rombongan dari Jakarta sudah berwisata di kapal-kapal phinisi di Labuan Bajo ini, kunjungan wisatawan sudah mulai menggeliat," kata dia dalam Weekly Press Briefing Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Senin (19/12/2022).

Dampak lain pembatalan ini juga turut dirasakan para pemilik usaha tur operator di Labuan Bajo.

Angin segar bagi tur operator di Labuan Bajo

Menurut Direktur Utama Badan Pelaksanan Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina, pembatalan kenaikan harga tiket menjadi angin segar bagi kalangan tur operator.

Sebab banyak wisatawan yang mulai memesan sekaligus memberi kepastian untuk pesanan pada tahun 2023.

Baca juga: Warga Pulau Komodo Ikut Pelatihan Jadi Naturalist Guide di TN Komodo

"Teman-teman operator wisata mulai mendapatkan pesanan kunjungan berwisata ke Labuan Bajo, dan TN Komodo, sepertinya permintaan (kunjungan) juga mulai tinggi," tutur Shana.

Shana menyampaikan, respons positif itu diterima dari laporan para tur operator di Labuan Bajo yang mulai mendapat kepastian pemesanan.

Ilustrasi pulau Komodocanva.com Ilustrasi pulau Komodo

Sebab sebelumnya banyak wisatawan yang merasa ragu untuk memesan di awal tahun 2023, dan memilih berkunjung saat akhir tahun 2022 saja.

"Sebelumnya, kunjungan untuk akhir tahun lumayan banyak karena berpikir pada awal tahun 2023 akan naik harganya, sehingga mereka mengalokasikan waktu khusus di akhir tahun ini," tuturnya.

Baca juga: [POPULER TRAVEL] Batalnya Kenaikan Tarif TN Komodo | Juru Parkir Nakal di Malang

Ini lantaran mereka khawatir, bila memesan untuk awal tahun, malah mendapat harga tarif TN Komodo yang telah naik, yakni Rp 3,75 juta.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Sebagai informasi, ada hitungan pasti, berapa persentase lonjakan kunjungan ke TN Komodo pasca pembatalan kenaikan tarif.

Namun, menurut data BPOLBF, jumlah kunjungan wisatawan nusantara di Labuan Bajo untuk bulan November saja sudah mencapai 155.712 orang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+