Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

155.000 Wisatawan Datang ke Labuan Bajo Selama 2022

Kompas.com - 21/12/2022, 07:06 WIB
Nansianus Taris,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Jumlah kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo hingga November 2022 tercatat sebanyak 155.712 orang, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Angka itu berdasarkan data Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF). Dibandingkan dengan tahun 2021 lalu yang hanya berkisar 65.000, angka tersebut naik lebih dari dua kali lipatnya.

"Jumlah ini mengalami peningkatan dari jumlah kunjungan pada tahun 2021, yaitu sebesar 65.362 wisatawan," ujar Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina saat dikonfirmasi Selasa (20/12/2022).

Baca juga: Berburu Sunset di Puncak Watu Api Labuan Bajo

Pihaknya akan terus berupaya menggenjot peningkatan kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo melalui kolaborasi dengan berbagai stakeholder terkait.

Misalnya, menambah atraksi wisata baru.

Pada 2022, misalnya, penataan kawasan dalam kota Labuan Bajo telah tuntas.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Labuan Bajo, Bisa ke Mana Saja?

Saat ini, kawasan tersebut memiliki wajah baru dengan area-area terbuka publik, seperti Waterfront Marina, kawasan pedestrian dalam kota, serta bangunan-bangunan ikonik yang menambah keindahan Labuan Bajo.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Penambahan atraksi baru juga diupayakan lewat penyelenggaraan berbagai event berskala nasional yang lahir dari ide-ide lokal. Termasuk salah satunya menciptakan citra Labuan Bajo sebagai destinasi MICE (Meetings, Incentives, Conferences, Exhibitions).

"Terutama dengan diselenggarakannya beberapa event KTT G20 di Labuan Bajo yang tahun 2022 ini menjadi satu dari 19 side meeting KTT G20 di Indonesia," jelas Shana.

Baca juga: Harga Tiket Goa Batu Cermin Labuan, Wisata di Labuan Bajo

Ia menambahkan, Tahun 2023, lebih dari 20 festival budaya, tematik, maupun sport tourism event telah disiapkan untuk mengisi Labuan Bajo dan sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com