Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telaga Jonge Gunungkidul Buka Saat Malam Tahun Baru, Masuk Gratis

Kompas.com - 21/12/2022, 19:04 WIB
Markus Yuwono,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Wisatawan yang ingin menikmati suasana berbeda saat pergantian tahun bisa mengunjungi Telaga Jonge yang luasnya sekitar 3.700 meter persegi.

Lokasinya di Padukuhan Kuwangen Lor, Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya sekitar 46 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. 

Baca juga:

"Untuk wisata di Telaga Jonge saat malam tahun baru tetap gratis, hanya bayar parkir. (Tarif parkir) sepeda motor Rp 3.000, dan mobil Rp 5.000," kata salah satu pengelola wisata Telaga Jonge, Budi Raharjo, saat ditemui pada Rabu (21/12/2022). 

Telaga Jonge menawarkan acara live music dan kenduri saat pergantian tahun. Ada pula penjual yang tetap buka hingga malam pergantian tahun. 

Selain menikmati alunan lagu, pengunjung bisa menikmati pemandangan telaga yang tidak pernah kering meski saat musim kemarau. 

Pemandangan jernihnya air ditambah pepohonan rindang di sekitar telaga menambah kesejukan. Pengunjung bisa menikmati suasana Telaga Jonge dari atas perahu atau berjalan mengelilingi area tersebut.

Baca juga:

Sementara itu, Lurah Pacarejo bernama Suhadi menambahkan, wisatawan juga bisa memancing di Telaga Jonge.

“Setahun ada 85.000 kunjungan. Sejak dibuka tahun 2018 lalu, Telaga Jonge jadi destinasi wisata yang cukup membantu perekonomian warga,” kata Suhadi.

“Hari ini juga ada penyebaran benih ikan, semoga menambah stok ikan yang ada,” imbuhnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com