Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Alternatif untuk Hindari Macet di Yogyakarta Saat Libur Akhir Tahun

Kompas.com - 23/12/2022, 17:05 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menyiapkan jalur alternatif untuk urai kemacetan saat libur akhir tahun.

Kepala Dishub DIY Ni Made Dwi Panti Indrayanti menjelaskan, pihaknya telah melakukan pendataan jalur-jalur alternatif untuk dilalui wisatawan yang akan berkunjung ke DIY.

Made menambahkan, jalur-jalur alternatif ini dapat digunakan untuk mengurai kemacetan di 4 jalur utama, sepertiWates-Yogyakarta, Sleman Tempel, Yogyakarta-Prambanan, dan Yogyakarta-Wonosari.

Baca juga: Antisipasi Parkir Mahal di Yogyakarta, Wisatawan Harus Tanya Tarif Terlebih Dahulu

"Jalur-jalur itu yang dilewati oleh wisatawan yang ke Yogyakarta," kata Made, Jumat (23/12/2022).

Daftar jalur alternatif di DIY

Made membeberkan terdapar berbagai jalur alternatif yang bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

1. Yogyakarta - Kulon Progo

Pertama, kendaraan akan menuju Kulon Progo  tidak harus masuk melalui Jalan Wates-Yogyakarta.

Apron Bandar Udara Yogyakarta International Airport di Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bandara ini punya parking stand yang mampu memuat banyak pesawatDOKUMENTASI YIA - AP I Apron Bandar Udara Yogyakarta International Airport di Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bandara ini punya parking stand yang mampu memuat banyak pesawat

Kendaraan bisa melalui jalur alternatif, yakni di ruas Tegalsari Siluwuk, ruas Sentolo-Dekso-Klangon, Ruas Temon-Troya-Brosot, Ruas JJLS Jalan Nasional-Congot-Brosot, dan Jembatan Timbang Kuaru.

2. Yogyakarta - Gunungkidul

Made melanjutkan, kendaraan yang menuju Gunungkidul dapat melalui jalur Ruas Dlingo-Dodogan-Playen, Wonosari-Karangmojo-Semin, Sambipitu-Sambirejo, dan JJLS Panggang-Rongkop.

3. Yogyakarta - Sleman

Wisatawan yang hendak menuju pusat Kabupaten Sleman, tidak hanya bisa lewat Jalan Magelang.

Baca juga: Jadwal KRL Yogyakarta-Palur PP Periode Libur Akhir Tahun 2022

Jalur alternatif Sleman bisa melalui Ruas Tempel-Pakem-Cangkringan-Kalasan, Klangon-Godean-Tempel, Melati-Balangan-Dekso, Denggung-Beksi, Kuroulon-Johonalang, Prambanan-Piyungan, dan Klangon-Sedayu-Minggir-Tempel.

4. Yogyakarta - Bantul

Lanjut Made, Jalur alternatif di Bantul adalah Sampaan-Singosaren-Barongan-Palbapang, Brosot-Srandakan-Bantul, Sedayu-Pandak-Imogiri-Mangunan-Dlingo-Siluk-Panggang.

Pantai Parangtritis, YogyakartaNaufal Image/Shutterstock Pantai Parangtritis, Yogyakarta

"Untuk jalur rawan longsor ada di beberapa lokasi, seperti Piyungan, Jogja-Wonosari-Patuk, Pracimantoro-Rongkop, Dekso, Muntilan, Samigaluh, Temon, dan Panggang," ucap dia.

Baca juga: DIY Targetkan Jumlah Wisatawan Tahun 2022 Mencapai 6 Juta Orang Saat Nataru

Pihaknya mengatakan, jalur rawan longsor di Kecamatan Piyungan, Bantul akan bisa dilewati saat libur akhir tahun. Namun jika kendaraan terlalu banyak, akan dilakukan pembatasan.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com