Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/12/2022, 18:06 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memprediksi 12 tempat wisata berpotensi terjadi penumpukan wisatawan saat libur akhir tahun  Natal dan tahun baru (Nataru).

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan, belasan titik yang perlu diantisipasi oleh wisatawan adalah Keraton-Malioboro, Ayunan Langit-Sungai Mudal, Waduk Sermo-Kalibiru.

Ada pula di kawasan Hutan Pinus Mangunan, Monumen Jogja Kembali-Jalan Kaliurang, Prambanan, Breksi, Bukit Bintang-Nglanggeran, Goa Pindul, dan HeHa Ocean View. 

Baca juga: Jadwal KRL Yogyakarta-Solo Khusus Libur Akhir Tahun 2022

Tak hanya lokasi tersebut, kawasan pantai selatan juga perlu diwaspadai para wisatawan karena diprediksi macet, seperti di Pantai Glagah Kulon Progo dan sekitarnya, Pantai Baron sampai Pantai Pulang Sawal, dan Parangtritis-Depok.

"12 lokasi itu jadi potensi kemacetan. Untuk antisipasi, kami akan menyebar pelaksanaan event wisata di sepanjang Nataru," ucap dia, Jumat (23/12/2022).

Event di DIY saat malam tahun baru

Untuk memecah kemacetan Dinas Pariwisata telah menyiapkan beberapa event agar wisatawan tidak terpusat di satu titik.

Event wisata di Bantul

Pertama, ada di Kabupaten Bantul. Ada 4 event di lokasi berbeda yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, yakni:

Baca juga: Tarif Parkir di Wisata Pantai Bantul, Jangan Sampai Bayar Mahal

Gunung Wangi Piyungan (Pesta kembang api & Akustik), Puncak Sosok (Pesta kembang api & Akustik), Bojong Ari Depok (Pesta kembang api & Koesplus-an), dan Pantai Goa Cemara (Pesta kembang api & Elektone).

Live music di Puncak Sosok Bantul tahun 2019.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Live music di Puncak Sosok Bantul tahun 2019.

Event wisata di Sleman

Untuk Sleman, terdapat 11 event, yakni di Watu Tapak (Spexial New Year Eve Camp), Tlogo Putri Kaliurang (Campursari Embun Laras, Neokustik Band, Turonggo Kencono Mudho, Jathilan Turonggo Prono Jati), dan Lapangan Parkir Watu Purbo (Senam Massal dan Bazar UMKM).

Selain itu, ada event di Eduwisata (Senam "Sleman Bangkit"), Gardu Pandang Kaliurang (Pentas Kubro Roso Siswo), Gardu Pandang Kaliurang (Pentas OM Romansa), dan Tebing Breksi (New year's Eve Dinner & Camp dan Tebing Breksi Gumebyar 2023).

Baca juga: Jelang Nataru, Tarif Penginapan dan Hotel di Bantul Naik Signifikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+