Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Santa Claus dan Sinterklas Ternyata Tidak Sama, ini 5 Bedanya

Kompas.com - 23/12/2022, 21:31 WIB
Louis Brighton Putramarvino,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nama seperti Santa Claus dan Sinterklas memang sudah sering terdengar menjelang hari raya Natal.

Sosok tersebut terkenal akan aksinya yang membagikan hadiah ke rumah orang lain setiap malam Natal. Santa Claus dan Sinterklas sering dianggap sebagai tokoh yang sama. Namun, ternyata keduanya memiliki perbedaan.

Berikut perbedaan antara Santa Claus dan Sinterklas yang telah Kompas.com rangkum:

1. Asal-usul Sinterklas dan Santa Claus

Dilansir dari Kompas.com (25/12/2021), tokoh Sinterklas terinspirasi dari sosok yang bernama Saint Nicholas.

St. Nicholas merupakan seorang biarawan yang hidup sekitar tahun 280 Masehi di Myra, kota kecil Romawi yang kini menjadi bagian dari Turki, dilansir dari Kompas.com, Jumat (23/12/2022).

Sinterklas atau Santa Claus ternyata memiliki latar belakang sejarah yang berbeda. Namun, Santa Claus merupakan transformasi dari Sinterklas.krakenimages Sinterklas atau Santa Claus ternyata memiliki latar belakang sejarah yang berbeda. Namun, Santa Claus merupakan transformasi dari Sinterklas.

St. Nicholas dikenal sebagai orang yang baik dan saleh. Dia pun juga suka berbagi kepada orang-orang miskin. Aksinya tersebut menjadi inspirasi di balik munculnya cerita Sinterklas di Belanda.

Sementara itu, Santa Claus merupakan tokoh yang muncul dari cerita masyarakat di Amerika Serikat (AS) yang terinspirasi dari Sinterklas di Belanda sekitar abad ke-18.

Dikutip dari Kompas.com (23/12/2022), pada 1773 dan 1774 ada surat kabar di New York menulis soal sejumlah warga di Belanda yang berkumpul untuk memperingati wafatnya St. Nicholas.

Baca juga: Kenapa Natal Identik dengan Pohon Cemara?

Sosok Santa Claus pun semakin berkembang di AS pada 1821 ketika beredar sebuah puisi anonim berjudul The Children’s Friend yang mengaitkan Santa dengan Natal.

Ketenaran Santa Claus pun semakin bertambah pada 1931 berkat iklan Coca Cola yang menggambarkannya menggunakan baju merah dan berjanggut putih.

2. Santa Claus dan Sinterklas, dua nama yang berbeda

Nama Sinterklas berasal dari nama St. Nicholas dalam bahasa Belanda yaitu Sint Nikolaas yang dipersingkat menjadi Sinter Klaas, dilansir dari Kompas.com, Jumat (23/12/2022).

Ilustrasi Santa Claus memberi hadiah secara diam-diam.Dok. UNSPLASH/Alicia Slough Ilustrasi Santa Claus memberi hadiah secara diam-diam.

Sementara itu, nama Santa Claus merupakan hasil dari pergantian nama Sinterklas dari Belanda oleh AS, dilansir dari The Diplomat in Spain, Senin (03/01/2022).

Hal tersebut terjadi di Koloni New Amsterdam yang ditempati oleh penduduk asal Belanda yang melakukan emigrasi ke AS.

Baca juga: KA Panoramic Bisa Dicoba Saat Libur Akhir Tahun, Tiket Mulai Rp 750.000

Pada abad ke-17, Inggris pun menguasai koloni tersebut dan mengganti namanya menjadi New York. Setelah itu pula, nama Sinterklas secara perlahan berubah menjadi Santa Claus.

3. Penampilan Santa Klaus dan Sinterklas tidak sama

Dilansir dari The Diplomat in Spain (03/01/2022), menurut tradisi Belanda, Sinterklas digambarkan sedang mengenakan jubah berwarna merah dan putih. Jubah ini pun dilengkapi dengan topi dan tongkat uskup yang bernama mitre dan crozier.

Ilustrasi Sinterklas.DPA/ROEBIN UTRECHT via DW INDONESIA Ilustrasi Sinterklas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com