Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata ke Pura Ulun Danu Bedugul Bali Bisa Lihat Parade Gebogan

Kompas.com - 24/12/2022, 10:20 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Wisatawan di Pura Ulun Danu Beratan Bedugul, Kabupaten Tabanan, Bali, bisa menyaksikan Parade Budaya Gebogan mulai Kamis (22/12/2022) hingga Kamis depannya (29/12/2022), atau menjelang Natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru).

"Wisata yang dikemas dalam balutan budaya itu kami harapkan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke Pulau Dewata, Bali," tutur Humas Obyek Wisata Pura Ulun Danu Bedugul Made Sukarata, dikutip dari Antara, Sabtu (24/12/2022).

Baca juga:

Sebagai informasi, gebogan merupakan sesajen dalam persembahyangan umat Hindu, berupa susunan buah, bunga, dan makanan lainnya dipadukan dengan rangkaian janur di atas dulang.

Gobogan umumnya dibawa oleh para ibu di atas kepala.

Baca juga: Kunjungan Turis Asing ke Pura Ulun Danu Bali Naik 30 Persen

Parade Budaya Gebogan menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di daerah tujuan wisata (DTW) Pura Ulundanu Beratan, Bedugul, Kabupaten Tabanan, Bali.Dok. ANTARA/Pande Yudha Parade Budaya Gebogan menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di daerah tujuan wisata (DTW) Pura Ulundanu Beratan, Bedugul, Kabupaten Tabanan, Bali.

Di Pura Ulun Danu Beratan Bedugul, gobogan akan diparadekan terlebih dahulu mengelilingi area sebanyak dua kali, kemudian dibawa ke pura.

Parade ini melibatkan 12 desa adat, enam kelian desa wilayah Baturiti, dan dua pengayah panebaya.

Selain menaikkan kunjungan, parade ini bertujuan mengenalkan budaya bali ke wisatawan. 

Baca juga:

"Setelah pandemi kunjungan wisatawan meningkat, mulai hari ini kita melaksanakan parade gebogan dan ke depan kita akan menyelenggarakan parade ini setiap satu tahun sebagai upaya menggaet wisatawan untuk datang ke Bedugul," ujar Made.

Ia melanjutkan, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Pura Ulun Danu Beratan Bedugul juga mengalami peningkatan. Bila biasanya tercatat ada 500 orang per hari, saat ini sudah naik menjadi 800 orang per hari.  

Baca juga: 30 Tempat Wisata di Bali Barat, Jelajahi Pantai yang Masih Asri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com