Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjid Terbesar di Jawa Barat Al Jabbar Segera Diresmikan, di Mana Lokasinya?

Kompas.com - 26/12/2022, 11:45 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Masjid terbesar di Jawa Barat, Masjid Raya Al Jabbar atau Masjid Al Jabbar akan diresmikan pada Jumat (30/12/2022) mendatang.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan, proses pembangunan masjid yang dimulai sejak 2017 tersebut, hampir selesai.

“Saya laporkan tanggal 30 Desember ini (diresmikan) masjid terbesar se-Jawa Barat, Masjid Raya Al Jabbar," kata Ridwan Kamil dikutip dari Kompas.com, Kamis (15/12/2022).

Baca juga:


Masjid  Raya Al-Jabbar, masjid terbesar di Jawa Barat yang berada di Kecamatan Gedebage, Kota BandungDok. Pemprov Jabar Masjid Raya Al-Jabbar, masjid terbesar di Jawa Barat yang berada di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung

Bangunan Masjid Al Jabbar dilengkapi empat menara setinggi 99 meter, seperti dikutip dari Kompas.com (17/9/2022). Tinggi menara ini terinspirasi dari jumlah Asmaul Husna.

Keunikan lainnya adalah masjid ini didirikan di atas kolam retensi atau embung seluas 25,997 hektar di kawasan Gedebage, Kota Bandung. Selain itu, akan dibangun taman-taman hijau sebagai area rekreasi bagi keluarga di sekitar masjid.

Baca juga: Gubernur Ridwan Kamil Akan Desain Stasiun Al Jabbar

Masjid yang mampu menampung hingga 60.000 jamaah itu ditargetkan menjadi destinasi wisata religi  sekaligus pusat edukasi di Kota Bandung.

Adapun filosofi nama Al Jabbar merupakan salah satu Asmaul Husna, yang bermakna Maha Perkasa. Untuk diketahui, desain Masjid Raya Al Jabbar merupakan rancangan dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang juga memiliki latar belakang arsitektur. 

 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com