Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Masjid Terbesar di Jawa Barat, Terbaru Ada Al Jabbar

Kompas.com - 26/12/2022, 22:14 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Provinsi Jawa Barat (Jabar) memiliki sejumlah masjid besar yang mampu menampung hingga ribuan jamaah. Pada Jumat (30/12/2022) mendatang, Masjid Raya Al Jabbar akan diresmikan sehingga menambah daftar masjid besar di Provinsi Jabar.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan, masjid yang dibangun sejak 2017 tersebut akan menjadi masjid terbesar di Jabar.

“Saya laporkan tanggal 30 Desember ini (diresmikan) masjid terbesar se-Jawa Barat, Masjid Raya Al Jabbar," kata Ridwan Kamil dikutip dari Kompas.com, Kamis (15/12/2022). 

Bangunan Masjid Al-Jabbar berdiri di atas kolam retensi atau embung seluas 25,997 hektar di kawasan Gedebage, Kota Bandung. Masjid ini mampu menampung hingga 60.000 jamaah.

Baca juga: Masjid Terbesar di Jawa Barat Al Jabbar Segera Diresmikan, di Mana Lokasinya?

Baca juga: Masjid Raya Al Jabbar Diresmikan 30 Desember, Ridwan Kamil: Bisa Jadi Tempat Wisata

Masjid terbesar di Jawa Barat 

Selain Al Jabbar, ada sejumlah masjid besar yang tersebar di berbagai kota di Jabar, sebagai berikut.

1. Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung, salah satu masjid terbesar di Jawa BaratDok. Shutterstock Masjid Raya Bandung, salah satu masjid terbesar di Jawa Barat

Masjid Raya Bandung berada di depan Alun-alun Bandung, sehingga lokasinya strategis berada di pusat kota. Masjid ini merupakan salah satu ikon Kota Bandung sekaligus tempat wisata religi.

Mengutip laman Bandung Smart City, salah satu masjid terbesar di Bandung ini memiliki dua menara kembar di sisi kiri dan kanan masjid setinggi 81 meter, yang dibuka untuk umum setiap Sabtu dan Minggu.

Masjid yang memiliki arsitektur yang megah dan modern ini mampu menampung hingga 12.412 jamaah. Adapun luas bangunan masjid mencapai 8.575 meter persegi dan luas keseluruhan, termasuk area halaman masjid dan menara 23.448 meter persegi, berdasarkan informasi dari Dunia Masjid Jakarta Islamic Centre.

Baca juga: Ada Kampung Maroko di Bandung, Apa Hubungannya dengan Negara Maroko?

2. Masjid Al Irsyad, Bandung

Masjid Al Irsyad Bandung Shutterstock Masjid Al Irsyad Bandung

Masjid Al Irsyad memiliki ciri khas bangunan berbentuk kubus dengan banyak lubang di setiap sisinya. Lubang pada dinding masjid tersebut merupakan kalimat syahadat, seperti dikutip dari laman Dunia Masjid Jakarta Islamic Centre.

Arsitektur masjid tanpa kubah tersebut adalah Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat yang juga memiliki begron arsitek.

Masjid yang berada di Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat ini mampu menampung 1.500 jamaah. Adapun luas bangunan masjid 1.500 meter persegi sedangkan luas keseluruhan area masjid mencapai 10.000 meter persegi.

Baca juga: 9 Wisata Murah di Bandung Selatan, Harga Tiket di Bawah Rp 20.000

3. Masjid Al Multazam, Bandung 

Satu lagi masjid rancangan Ridwan Kamil yang tak kalah unik adalah Masjid Al-Multazam. Sama seperti Masjid Al-Irsyad, masjid ini juga berbentuk kubus tanpa kubah.

Mengutip laman Bandung Smart City, terdapat tulisan lafaz hamdalah pada seluruh dinding masjid.

Masjid yang menjadi destinasi wisata religi di Bandung ini mampu menampung hingga 1.100 jamaah. Lokasinya berada di Jalan Ciganitri Raya, Bojongsoang, Kabupaten Bandung. 

Baca juga: 12 Tempat Wisata di Bandung, Pas buat Liburan Sekolah

4. Masjid Agung Trans Studio Bandung

Masjid Agung Trans Studio BandungDok. www.thetranshotel.com Masjid Agung Trans Studio Bandung

Masjid megah ini berada di kompleks Trans Studio Bandung. Mengutip dari laman The Trans Hotel, masjid yang diresmikan pada 2015 lalu ini mampu menampung hingga 2.500 jamaah.

Sementara itu, desain Masjid Agung Trans Studio Bandung terinspirasi dari Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. Desain masjid tampak megah dengan kubah berwarna emas.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com