Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Mudah dan Waktu yang Tepat ke Karimunjawa

Kompas.com - 29/12/2022, 18:06 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kepulauan Karimunjawa di Jepara, Jawa Tengah jadi salah satu destinasi favorit bagi penggemar wisata alam bawah laut. Ada beberapa cara menuju Karimunjawa buat kamu yang ingin menghemat budget dengan traveling ala backpacker.

Baca juga:

Sebagai informasi, untuk sementara hingga waktu yang belum ditentukan, kapal penyeberangan yang melayani penumpang menuju Karimunjawa hanya tersedia dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang saja.

"Untuk sementara dari kapal Pelni (Semarang) aja, yang dari Jepara dihentikan dulu karena cuaca kurang bagus," kata Kepala Desa Karimunjawa, Arip Setiawan saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (29/12/2022).

Kendati begitu, saat kondisi sudah kembali normal, kapal-kapal dari Jepara akan dioperasikan kembali seperti biasanya.

Transportasi ke Karimunjawa

Nah, berikut Kompas.com rangkum opsi akses transportasi yang bisa kamu gunakan menuju Karimunjawa:

  • Perjalanan dari Semarang ke Karimunjawa

Untuk sampai ke Karimunjawa, kamu harus mencapai terminal Terboyo di Semarang terlebih dulu. Carilah bus dari kota asalmu yang nantinya turun di terminal ini.

Barulah dari terminal, lanjut naik ojek online sekitar 15 menit ke Pelabuhan Tanjung Emas yang berlokasi di Jalan Coaster, Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang.

Setibanya di Pelabuhan Tanjung Emas, kamu bisa ke loket kapal Pelni untuk memesan tiket penyeberangan menuju Karimunjawa secara langsung, atau memesannya melalui website resmi Pelni sebelumnya.

Kapal Ferry KMP Siginjai Jelang Berlabuh di Pelabuhan Karimunjawa.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kapal Ferry KMP Siginjai Jelang Berlabuh di Pelabuhan Karimunjawa.

Adapun harga tiket kapal penyeberangan Pelni Semarang-Karimunjawa ialah mulai dari Rp 108.000 dengan durasi tujuh jam perjalanan.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di website resmi Pelni, Kamis (29/12/2022), opsi naik kapal Pelni tersedia pada pukul 22.00 WIB dan 23.00 WIB.

Baca juga: Libur Akhir Tahun di Karimunjawa, Ini Jadwal Kapal Ferry KMP Siginjai Desember 2022

Sedangkan untuk jadwal perjalanan kapal Pelni Semarang-Karimunjawa pada tanggal 30 Desember 2022-1 Januari 2023, adalah sebagai berikut:

- Kapal berangkat dari Semarang pada Jumat (30/12/2022) pukul 23.00 WIB, dan dijadwalkan tiba di Karimunjawa Sabtu (31/12/2022) pukul 06.00 WIB.

- Kapal berangkat lagi dari Karimunjawa pada hari Minggu (1/1/2023) pukul 10.00 WIB, lalu dijadwalkan tiba di Semarang pada Minggu (1/1/2023) pukul 17.00 WIB.

  • Perjalanan dari Jepara ke Karimunjawa

Opsi kedua, bila sudah tiba di Terminal Terboyo Semarang, bisa lanjut naik bus ke Terminal Jepara, sekitar sekitar dua jam perjalanan. Tiket bus dapat dipesan langsung di Terminal Terboyo.

Kamu bisa meminta pada kondektur bus agar diturunkan ke tempat terdekat dengan Pelabuhan Kartini, sebab jarak terminal Jepara ke Pelabuahan Kartini hanya 1,8 km saja. Barulah dari Pelabuhan Kartini, bisa lanjut naik kapal penyeberangan menuju Karimunjawa.

KMP Siginjai, Kapal Ferry Jepara-Karimunjawa.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA KMP Siginjai, Kapal Ferry Jepara-Karimunjawa.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com