Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Syarat Perjalanan, Jumlah Penumpang KA Saat Libur Akhir Tahun 2022 Naik 204 Persen

Kompas.com - 30/12/2022, 19:07 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI ) mencatat sebanyak 1.095.714 pelanggan menggunakan kereta api (KA) jarak jauh, selama masa angkutan Natal 2022 dan tahun baru 2023, tanggal 22-29 Desember 2022.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan bahwa selama delapan hari tersebut, KAI melayani rata-rata 136.964 pelanggan per hari dengan keterisian tempat duduk mencapai 102 persen dalam sehari.

Baca juga:

"Jumlah ini juga mengalami kenaikan sebesar 204 persen dibanding periode yang sama di tahun 2021," kata Joni dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Jumat (30/1/2022).

Sebab melonjaknya jumlah penumpang KA

Menurut Joni, peningkatan ini diperkirakan terjadi lantaran perubahan persyaratan naik KA, yang tidak lagi memberlakukan syarat screening Covid-19 melalui Antigen atau PCR.

Di samping itu, kapasitas angkut juga telah diperbolehkan menjadi 100 persen, serta meningkatnya mobilitas masyarakat yang diiringi penambahan jumlah perjalanan KA secara keseluruhan.

Baca juga: Penumpang KA Panoramic Ingin Ada Rute Pendek, biar Lebih Murah

Sebagai informasi sampai 30 Desember 2022, total tiket KA jarak jauh yang telah terjual untuk masa Angkutan Nataru (22 Desember 2022-8 Januari 2023) yaitu sebanyak 1,6 juta tiket atau sekitar 69 persen dari kapasitas yang disediakan, yaitu 2,4 juta tempat duduk.

"Jumlah tersebut akan bertambah karena penjualan masih terus berlangsung, tiket KA masa libur Natal dan tahun baru 2023 masih cukup banyak tersedia," lanjutnya.

KAI mencatat, satu juta orang gunakan kereta api selama periode Nataru 2022/2023.dokumentasi KAI KAI mencatat, satu juta orang gunakan kereta api selama periode Nataru 2022/2023.

Adapun relasi yang menjadi favorit penumpang antara lain rute Jakarta-Yogyakarta PP, Jakarta-Solo PP, Jakarta-Surabaya PP, Jakarta-Purwokerto PP, Bandung-Surabaya PP, Yogyakarta-Surabaya PP, Yogyakarta-Banyuwangi PP, dan lainnya.

Pada masa angkutan Nataru ini pula, KAI memberikan peningkatan pelayanan di antaranya hadirnya Kereta Panoramic. 

Baca juga: Ketinggalan Barang Saat Naik KA atau di Stasiun, Catat Prosedurnya

Kereta Panoramic merupakan kereta inovasi KAI yang memiliki jendela berdimensi sangat besar di kedua sisinya dan atap kaca memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis.

"Berbagai peningkatan pelayanan akan terus kami hadirkan agar perjalanan Anda saat menggunakan Kereta Api pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 makin bermakna dan berkesan," tutup Joni.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com