Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan ke TMII Saat Malam Tahun Baru 2023, Pintu Masuk hingga HTM

Kompas.com - 30/12/2022, 21:05 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berbagai kegiatan hiburan akan diselenggarakan dari siang sampai jelang tutup tahun 2022, siap menemani pengunjung destinasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur. 

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) sebagai pengelola TMII telah menyiapkan sejumlah antisipasi untuk melayani para pengunjung. 

Baca juga:

"TWC telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi untuk memberikan layanan terbaik kepada pengunjung yang diperkirakan mencapai 40.000 orang pada malam pergantian tahun," ujar Direktur Utama PT TWC Edy Setijono, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (30/12/2022). 

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan beberapa informasi yang bisa menjadi panduan bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke TMII pada Sabtu (31/12/2022). 

Pintu masuk TMII 

Pintu utama untuk masuk ke area TMII yang dibuka pada Sabtu (31/12/2022) adalah Pintu 3. Namun, jika terjadi kepadatan, Pintu 1,2, dan 4 juga bisa dibuka mengikuti situasi serta kondisi. 

Baca juga: Simak Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan TMII Saat Malam Tahun Baru

Kepala Sudinhub Jakarta Timur Dody Setiawan mengatakan bahwa jika situasi normal, maka rekayasa lalin tidak akan diberlakukan, begitupun sebaliknya. 

Area jalan dan anjungan di TMII yang sudah dipoles lebih apik setelah revitalisasi. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Area jalan dan anjungan di TMII yang sudah dipoles lebih apik setelah revitalisasi.

"Kalau kendaraan tidak bisa bergerak lagi, barulah kita lakukan rekayasa lalin," ujar Dody, dikutip dari Kompas.com (30/12/2022). 

Adapun pos pengamanan ditempatkan di pintu masuk utama, yakni pada Pintu 3 dan Pintu 4. Selain itu, personel pengarah jalan juga ditempatkan di sejumlah titik untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas.

Baca juga: TMII Dulu dan Sekarang, Ini 5 Perbedaannya

"Sebagai antisipasi lonjakan kepadatan pengunjung TMII, sejumlah pintu masuk tambahan juga telah disiagakan," tutur Edy. 

Kantung parkir yang tersedia di TMII

Dari Pintu 3, lanjut Edy, pengunjung dengan kendaraan roda empat maupun roda dua akan
diarahkan ke tempat parkir terpadu, sebelum naik bus kendaraan listrik untuk masuk ke kawasan Taman Mini Indonesia Indah.

"Kapasitas parkir terpadu mencapai 559 lot untuk mobil, 300 lot motor, dan 28 lot untuk sepeda," kata dia. 

Suasana anjungan Sumatera Barat di TMII saat hari pertama uji coba terbatas, Minggu (20/11/2022). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Suasana anjungan Sumatera Barat di TMII saat hari pertama uji coba terbatas, Minggu (20/11/2022).

Lebih lanjut, ia memaparkan, tempat parkir alternatif terletak di beberapa lokasi. Antara lain di area Tugu Api Pancasila dengan kapasitas parkir mobil sebanyak 159 lot dan parkir mobil di belakang Tambur sebanyak 400 lot.

Lalu, parkir mobil di PP IPTEK sebanyak 400 lot, parkir mobil di area Tionghoa sebanyak 150 lot, dan lokasi parkir cadangan untuk menampung kendaraan jika terjadi lonjakan pengunjung.

Baca juga: Cara ke TMII Naik KRL dan Transjakarta

Terkait tenaga kesehatan, kata Edy, ambulans, dan tenda medis ditempatkan di sejumlah titik,
di antaranya Parkir Plaza Utara, depan Anjungan Sulawesi Utara, depan PP IPTEK, depan Istana Anak, depan Sasana Adirasa, dan depan Plaza Keong Mas.

"Untuk toilet portabel tersedia di Parkir Plaza Utara, depan anjungan Sumatera Utara, depan anjungan Maluku, depan PP IPTEK, depan Istana Anak, dan depan Plaza Keong Mas," ujarnya. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com