Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/12/2022, 18:06 WIB

BATU, KOMPAS.com - Jelang pergantian tahun baru 2023, pos pantau Gunung Panderman dan Butak di Desa Pesanggrahan, Kota Batu terpantau pendaki yang datang meningkat pada Sabtu (31/12/2022).

Mereka rata-rata sengaja ingin menghabiskan waktu libur akhir tahun dengan bermalam di gunung. Salah satunya yang dilakukan oleh pendaki asal Ngawi, Muamar Wafiudin (25).

Dia baru pertama kali akan mendaki Gunung Panderman. Sebelumnya, Wafi sudah berpengalaman mendaki Gunung Rinjani di Lombok, NTB dan Bukit Mongkrang di Karanganyar, Jawa Tengah.

Baca juga: Eco Green Park di Kota Batu, Lihat Ratusan Burung sampai Jajal Wahana Baru

"Mengisi waktu libur kerja, memang sengaja, malam tahun baru juga. Ya paling nanti foto-foto saja terus turun," kata Wafi pada pada Sabtu (31/12/2022).

Penjaga Pos Pantau Gunung Panderman dan Gunung Butak, Sardi mengatakan bahwa selama satu minggu momen libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau Nataru, jumlah pendaki yang melewati pos pantau mencapai sekitar 600 orang.

Di minggu-minggu sebelumnya dalam sepekan biasanya rata-rata hanya terdapat sekitar 150 hingga 200 pendaki.

Baca juga: Tarif Parkir Resmi di Kota Wisata Batu, Jangan Sampai Bayar Mahal

"Hari ini (Sabtu, 31/12/2022) sampai siang, ada sekitar 80 pendaki yang naik, ini sudah lebih baik dibandingkan pandemi Covid-19 2020 dan 2021, tapi belum seperti sebelum pandemi beberapa tahun lalu, disini dulu parkiran bisa penuh," kata Sardi.

Pendakian Gunung Butak

Sardi menyampaikan, pendakian ke Gunung Butak lebih disenangi oleh para pendaki. Dalam perjalanan menuju puncak Gunung Butak membutuhkan waktu sekitar 8 jam saat kondisi cerah. Pendaki akan disuguhi pepohonan pinus dengan hutan yang rimbun.

Setelah melewati semua pos, pendaki akan menemui padang savana yang luas dengan hamparan bunga edelweiss. Biasanya di tempat tersebut, pendaki mendirikan tenda sebelum melanjutkan pendakian hingga ke puncak.

Nissan Navara menjelajah menuju titik awal pendakian Gunung Butak di Dusun Seruk, Desa Pesanggarahan, Kecamatan Batu, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (12/5/2016) pagi.Rusdi Yaman Fahrizal Nissan Navara menjelajah menuju titik awal pendakian Gunung Butak di Dusun Seruk, Desa Pesanggarahan, Kecamatan Batu, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (12/5/2016) pagi.

Untuk sampai di puncak Gunung Butak direkomendasikan pada saat matahari akan terbit. Pendaki bisa melihat pemandangan alam dan Gunung Arjuno berselimutkan awan putih ketika cuaca sedang cerah.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+