Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Wahana Tornado Dufan Berhenti, Ini Faktanya

Kompas.com - 31/12/2022, 21:32 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Viral di media sosial TikTok sebuah video yang memperlihatkan wahana tornado di Dufan atau Dunia Fantasi Taman Impian Jaya Ancol sempat berhenti. Padahal wahana tersebut masih dinaiki dan terisi penuh oleh pengunjung.

Dalam video yang diunggah tanggal 24 Desember 2022 itu terlihat wahana Tornado berhenti berputar di posisi miring, membuat pengunjung lain panik.

Baca juga:

Kata Ancol soal wahana Tornado Dufan yang berhenti

Menanggapi hal ini, pihak Ancol mengatakan wahana Tornado Dufan yang berhenti terjadi pada Sabtu (24/12/2022) lalu pukul 16.00 WIB.

"Itu bukan hari ini kejadiannya, itu kejadian tanggal 24 Desember sekitar jam empat sore," tutur Head of Corporate Communications PT Pembangunan Jaya Ancol, Ariyadi Eko saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (31/12/2022).

Eko menjelaskan, wahana Tornado berhenti lantaran salah satu sensor pada mesin kurang berfungsi dengan baik (kurang clear).

Baca juga: Seharian Keliling di Dufan Ancol Bersama Penyandang Disabilitas

Hal ini lah yang menyebabkan fungsi keamanan (safety) pada wahana jadi aktif, sehingga wahana tiba-tiba berhenti.

"Jadi memang saat itu ada salah satu sensor dari wahana yang kurang clear, sehingga menyebabkan fungsi safety Tornado itu berfungsi, dan permainan itu langsung berhenti," terang Eko.

Menurutnya, satu jam berikutnya, tepatnya sekitar pukul 17.00 WIB, wahana sudah normal kembali. Eko menegaskan bahwa wahana Tornado aman digunakan dan sudah berfungsi baik.

"Jam lima sorenya sudah berfungsi kembali, sampai sekarang, tidak ada masalah, sudah berfungsi dengan baik, dan aman," pungkas Eko.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com