Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semarang Banjir, Ini 6 Tempat Wisata yang Terdampak

Kompas.com - 01/01/2023, 11:04 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Sebagian wilayah Kota Semarang terendam banjir pada Sabtu (31/12/2022) akibat hujan lebat disertai angin kencang bersamaan dengan tingginya gelombang pasang air laut, seperti dikutip dari Kompas.com.

Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang melaporkan  ada sebanyak 30 titik lokasi tergenang banjir dengan ketinggian mulai dari 20-70 centimeter (cm). 

“Hari ini telah terjadi hujan deras disertai angin kencang yang menyebabkan beberapa kejadian bencana tanah longsor, banjir, serta gelombang tinggi (rob) di Kota Semarang,” kata Kasie Darurat BPBD Semarang Adhy Yulianto dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: Kota Semarang Banjir, Tak Ada Acara Malam Tahun Baru

Baca juga: Ini 30 Titik Banjir di Kota Semarang Beserta Ketinggian Airnya

Sejumlah tempat wisata di Kota Semarang turut terdampak banjir pada momen akhir tahun tersebut. Hingga berita ini ditulis, sejumlah wilayah di Kota Semarang masih tergenang air meskipun sudah mulai surut.

1. Kota Lama 

Wisatawan asal Bogor Ali bersama anaknya Nafis tetap menikmati suasana Kota Lama Semarang meski dalam kondisi banjirTribun Jateng / Iwan Arifianto Wisatawan asal Bogor Ali bersama anaknya Nafis tetap menikmati suasana Kota Lama Semarang meski dalam kondisi banjir

Mengutip Tribun Jateng (31/12/2022), kawasan Kota Lama Semarang tergenang banjir. Genangan air cukup tinggi sehingga menyulitkan wisatawan datang ke salah satu ikon wisata Kota Semarang tersebut.

Kota Lama Semarang identik dengan keberadaan gedung-gedung tua bergaya Eropa peninggalan Hindia Belanda, yang sudah berusia ratusan tahun. 

Wisata cagar budaya itu dulunya adalah pusat pemerintahan pada masa kolonial Belanda, mengutip situs Visit Jawa Tengah.

Beberapa lokasi favorit wisatawan di Kota Lama adalah Gereja Blenduk, Taman Srigunting, Gedung Asuransi Jiwasraya, Gedung Bank Mandiri, Rumah Akar, Gedung Oudetrap, Semarang Art Gallery, De Spiegel, Marba, dan lainnya.

Sayangnya, Kota Lama Semarang yang biasanya dipadati wisatawan khususnya pada hari libur, kini dipenuhi dengan genangan air.

Baca juga: 7 Spot Foto Instagramable di Kota Lama Semarang

2. Taman Srigunting 

Pesona Greja Blenduk dan Taman Srigunting, Kota Lama Semarang, Rabu (28/3/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pesona Greja Blenduk dan Taman Srigunting, Kota Lama Semarang, Rabu (28/3/2018).

Taman Srigunting berada di kawasan Kota Lama Semarang. Oleh sebab itu, obyek wisata ini tidak luput dari terjangan banjir.

Obyek wisata ini adalah salah satu spot foto menarik di Kota Lama, seperti dikutip dari Kompas.com (3/4/2018).

Berada di tengah kawasan Kota Lama, wisatawan bisa berfoto dengan gaya ala noni Belanda. Dengan latar belakang bangunan tua dan bunga yang bermekaran, pengunjung bisa menggunakan sejumlah properti untuk berfoto seperti sepeda onthel, topi, dan lainnya.

Baca juga: 5 Kafe di Kawasan Kota Lama Semarang yang Asik untuk Nongkrong

3. Pantai Marina

Ilustrasi senja di Pantai Marina, Semarang.WIKIMEDIA COMMONS/BADROE ZAMAN Ilustrasi senja di Pantai Marina, Semarang.

Tanggul laut di Pantai Marina jebol pada Kamis (29/12/2022) dini hari akibat gelombang tinggi, seperti dikutip dari Kompas.com (30/12/2022).

Imbasnya, kawasan wisata Pantai Marina tergenang banjir. Selain itu, banjir juga merendam 36 unit rumah mewah di Kawasan Villa Marina dengan ketinggian air 80-100 cm.

Pantai Marina adalah salah satu wisata pantai favorit di Kota Semarang. Pengunjung juga bisa menikmati keindahan hutan bakau di sekitar Pantai Marina, serta menyewa kapal untuk menikmati keindahan pantai. 

Baca juga: 8 Tempat Wisata Dekat Taman Bunga Celosia Semarang

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com