Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/01/2023, 18:31 WIB

KOMPAS.com - Destinasi wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur menjadi salah satu tempat penyelenggaraan pesta malam tahun baru 2023 di ibu kota.

Pengunjung yang ingin menikmati aneka atraksi dan hiburan untuk mengisi malam tahun baru bisa mendatangi sejumlah titik di TMII.

Menurut pengamatan Kompas.com, Sabtu (31/12/2022), pengunjung dari berbagai rentang usia nampak antusias merayakan tahun baru di TMII, setelah dua tahun sebelumnya ditiadakan.

Baca juga:

Direktur Utama PT TWC sebagai pengelola TMII, Edy Setijono mengatakan pengunjung TMII yang datang saat pergantian tahun diprediksi mencapai 40.000 orang.

"Pengunjung diperkirakan mencapai 40.000 orang pada malam pergantian tahun," kata Edy kepada Kompas.com, Sabtu.

Siang hingga sore hari di TMII jelang tahun baru 2023

Dari pantauan di gerbang utama Pintu 3 TMII sekitar pukul 13.00 WIB, kendaraan roda dua maupun roda empat yang memasuki pintu terlihat masih tidak terlalu padat. Meski ada sedikit antrean, arus masuk terpantau cukup lancar. 

Setelah melewati Pintu 3, pengunjung memarkirkan kendaraan di gedung Elevated Parking eks Snow Bay, ataupun di beberapa titik parkir tambahan yang sudah disediakan pengelola. 

Suasana gerbang masuk Pintu 3 TMII pada siang hari, Sabtu (31/12/2022).KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Suasana gerbang masuk Pintu 3 TMII pada siang hari, Sabtu (31/12/2022).

Terlihat banyak keluarga yang mulai mengantre kereta gantung, memasuki Keong Mas, dan menuju tempat-tempat lain di sekitar pintu masuk TMII.

Sayangnya, hujan yang cukup deras kemudian turun tidak lama kemudian pada siang hari di TMII itu. 

Baca juga: 6 Lokasi Perayaan Malam Tahun Baru 2023 di Jakarta, Ada di TMII

Suasana sempat sepi karena para pengunjung berteduh di bangunan-bangunan tertutup. Sekitar pukul 15.30 hingga 16.00 WIB, hujan perlahan mulai mereda.

Pengunjung kembali beraktivitas, ada yang menuju anjungan provinsi, bermain di wahana seperti Taman Legenda Keong Mas, atau mengantre bus listrik.

Tidak terlalu jauh dari pintu masuk, Kompas.com menemukan tempat penyewaan sepeda. Beberapa pengunjung nampak berteduh, ada juga petugas yang merapikan sepeda-sepeda di sana. 

Pengunjung yang mengantre bus listrik di TMII jelang pergantian tahun baru, Sabtu (31/12/2022). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pengunjung yang mengantre bus listrik di TMII jelang pergantian tahun baru, Sabtu (31/12/2022).

"Ini sudah selesai waktu sewa sepedanya. Emang cuma pagi sampai sore, ya biasanya pukul 7 sampai 5 sore lah. Ini dikembalikan karena siap-siap tahun baru," ujar seorang petugas penyewaan sepeda bernama Heri. 

Saat sudah mulai gelap menuju tengah malam, kata dia, sepeda maupun bus listrik dan kendaraan lainnya akan berhenti beroperasi. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kepadatan dan hambatan lalu lintas. 

Baca juga: TMII Buka Lagi, Ini Panduan dan Cara Beli Tiket

Menurut pengamatan Kompas.com, hujan rintik -rintik yang masih terkadang muncul tidak menyurutkan antusiasme masyarakat menikmati wahana serta menyaksikan pertunjukan-pertunjukan yang digelar khusus menyambut tahun baru. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+