Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Perayaan Tahun Baru Termegah di Dunia, Bertabur Pesta Kembang Api

Kompas.com - 01/01/2023, 21:03 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Tahun baru 2023 disambut dengan suka cita oleh semua negara di dunia. Bahkan, beberapa negara di dunia mengadakan perayaan tahun baru dengan megah.

Perayaan malam tahun baru disambut dengan pesta kembang api yang meriah.  Apalagi, perayaan tahun baru 2023 ini menjadi kali pertama bagi sejumlah negara setelah sempat ditiadakan akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Negara Pertama dan Terakhir yang Merayakan Tahun Baru 2023

Baca juga: Meriahnya Suasana Tahun Baru 2023 di TMII, Panggung Utama Ramai

Perayaan tahun baru termegah di dunia

Berikut sembilan perayaan tahun baru termegah di dunia seperti dihimpun oleh Kompas.com

1. Abu Dhabi

ilustrasi pesta kembang api malam tahun baru di Burj Khalifa DubaiShutterstock/Marianna Ianovska ilustrasi pesta kembang api malam tahun baru di Burj Khalifa Dubai

Festival Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE) menjadi salah satu perayaan malam tahun baru termegah di dunia.

Melansir dari Arabian Business, festival tersebut menampilkan pertunjukan kembang api selama lebih dari 40 menit serta pertunjukan lebih dari 3.000 drone.

Ribuan drone tersebut menerangi langit Abu Dhabi dengan membentuk berbagai formasi unik. Festival megah tersebut diyakini memecahkan rekor Guinness World Records sebagai pesta kembang api terbesar di dunia. 

Festival ini digelar pada 31 Desember 2022, mulai pukul 16.00 hingga 02.00 waktu setempat. Perayaan tahun baru di UAE juga diselenggarakan di Burj Khalifa yang ikonik dan tepi laut Al Majaz. 

Baca juga: Uni Emirat Arab Wajibkan Turis Cantumkan Nama Lengkap di Paspor

2. Sydney

Kembang api saat malam tahun baru di Sydney, AustraliaDavid Carillet / Shutterstock.com Kembang api saat malam tahun baru di Sydney, Australia

Lebih dari satu juta orang berbondong-bondong ke Sydney, Australia untuk melihat pertunjukan kembang api pada perayaan malam tahun baru di kota itu, seperti dilansir dari ABC News.

Pesta kembang api itu merupakan yang pertama kali di Sydney sejak pandemi Covid-19 dimulai hampir tiga tahun lalu.

Pertunjukan kembang api itu menghabiskan sekitar delapan ton kembang api dengan lebih dari 7.000 kembang api diluncurkan dari berbagai lokasi di Sydney. Meliputi, Opera House, Sydney Harbour Bridge, dan lainnya.

Selain di Sydney, pesta perayaan malam tahun baru di Australia juga digelar di Queensland, Victoria, Tasmania, Australia Barat, dan lainnya.

Baca juga: Serunya Menikmati Sunrise Sambil Naik Perahu Kayak di Sydney

3. Singapura

Kembang api dipancarkan ke langit-langit Marina Bay, Singapura pada perayaan hitung mundur menyambut Tahun Baru 2020. Perayaan ini adalah yang terakhir sebelum pandemi Covid-19 mengguncang dunia.URBAN REDEVELOPMENT AUTHORITY Kembang api dipancarkan ke langit-langit Marina Bay, Singapura pada perayaan hitung mundur menyambut Tahun Baru 2020. Perayaan ini adalah yang terakhir sebelum pandemi Covid-19 mengguncang dunia.

Pesta kembang api di Singapura berlangsung dengan megah di kawasan ikonik Marina Bay. Mengutip Channel News Asia, jelang pergantian tahun Singapura sempat diguyur gerimis pada sore hari.

Namun, kondisi itu tidak menyurutkan semangat para pengunjung yang hendak menikmati pesta kembang api di Marina Bay. Tak hanya warga Singapura, pesta kembang api di Marina Bay itu juga menarik sejumlah wisatawan dari negara tetangga seperti Malaysia.

Baca juga: 20 Destinasi Wisata Teraman Dunia, Singapura Nomor 1 dan Tak Ada Indonesia

4. Hong Kong 

Pesta kembang api di Victoria Harbour pada perayaan sambut tahun baru di Hongkong, Selasa (1/1/2019).AFP PHOTO/ANTHONY WALLACE Pesta kembang api di Victoria Harbour pada perayaan sambut tahun baru di Hongkong, Selasa (1/1/2019).

Hong Kong merupakan salah satu negara yang menyelenggarakan pesta perayaan malam tahun baru termegah di dunia.

Melansir dari Hong Kong Tourism Board, pesta kembang api di Hong Kong berpusat di Pelabuhan Victoria bertema A Symphony of Lights. Pada detik pergantian tahun, bangunan dan landmark di sepanjang garis pantai Pelabuhan Victoria menampilkan pertunjukan lampu laser yang menari selama sekitar 10 menit.

Sementara itu,  Pusat Konvensi dan Pameran Hong Kong (HKCEC) menampilkan jam hitung mundur raksasa.

Menariknya, pengunjung bisa menikmati sajian pesta perayaan tahun baru di Hong Kong dari kapal ferry, Star Ferry.

Baca juga: Punya Destinasi Wisata Baru, Berikut Tempat yang Perlu Disambangi Saat Berlibur ke Hong Kong

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com