Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keindahan Desa Wisata Loha di NTT, 1,5 Jam dari Labuan Bajo

Kompas.com - 02/01/2023, 19:35 WIB
Markus Makur,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

LOHA, KOMPAS.com - Jika sedang berwisata ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengunjungi desa-desa wisata di sekitarnya bisa menjadi pilihan wisata.

Termasuk salah satunya Desa Loha atau yang baru saja diresmikan oleh Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat menjadi Desa Wisata Loha pada 20 Desember 2022.

Baca juga: 12 Desa Wisata Manggarai Timur NTT, Banyak Kekayaan Alam dan Budaya

Lokasinya ada di Kecamatan Pacar, Kabupaten Manggarai Barat. Jaraknya hanya sekitar 1,5 jam berkendara dari Labuan Bajo atau 63,4 kilometer.

Adapun Desa Wisata Loha baru mulai muncul setelah adanya gerakan sadar wisata dari anak muda yang tergabung dalam organisasi Pemuda Milenial Loha (OPML) dan diketuai Gregorius Eman.

Baca juga: 15 Wisata Air Terjun di NTT, Masih Asri untuk Dijelajahi

Gregorius Eman dan kawan-kawannya berinisiatif untuk membentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dengan tujuan untuk mengembangkan desanya sendiri dengan menghadirkan pengembgan pariwisata berbasis desa wisata.

"Desa Wisata Loha memiliki beragam potensi yang bisa dikunjungi baik alam maupun budaya lokal yang masih terjaga sampai saat ini, dan juga sejumlah air terjun," kata Gregorius kepada Kompas.com, Senin (2/1/2023).

Baca juga: Museum Niang Komodo di NTT, Punya Koleksi 2 Rangka Komodo

Ia menjelaskan, wisatawan bisa melakukan jelajah alam untuk menemukan salah satu goa bersejarah, yang bernama Nua Waka.

Goa Nua Waka disebut sebagai salah satu goa terpanjang di Labuan Bajo, panjangnya mencapai sekitar 1 kilometer.

Salah satu goa di Desa Loha. Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat, NTT meresmikan Desa Loha menjadi Desa wisata Loha, Desember 2022 lalu. (DOK WARGA LOHA/GREGORIUS EMAN)DOK WARGA LOHA/GREGORIUS EMAN Salah satu goa di Desa Loha. Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat, NTT meresmikan Desa Loha menjadi Desa wisata Loha, Desember 2022 lalu. (DOK WARGA LOHA/GREGORIUS EMAN)

Di dalam goa, akan ditemukan ruangan besar menyerupai rumah adat Manggarai, serta sarang walet di kedalaman sekitar 250 meter.

Di samping itu, wisata alam lainnya adalah air terjun Sunsa Namo yang menurutnya saat ini sedang populer, serta Tiwu Roh dan Tiwu Ndeleng.

Baca juga: Itinerary Sehari di Alor NTT, Melihat Dugong dan Makan di Tepi Pantai

"Pengelola Desa Wisata Loha saat ini berupaya menghadirkan suatu daya tarik wisata yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari."

"Salah satu daya tarik wisata yang sudah di-launching secara resmi oleh Dinas Pariwisata yaitu Kampung Kokor Gola," jelasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com