Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jetstar Tujuan Bali Putar Balik ke Australia, Menparekraf: Ada Miskomunikasi Internal

Kompas.com - 02/01/2023, 20:37 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada Selasa (27/12/2022) lalu, tersiar kabar pesawat Jetstar Airways tujuan Bali yang putar balik ke Australia. Terkait peristiwa itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, hal tersebut terjadi akibat kesalahpahaman.

"(Pesawat Jetstar) bukan gagal mendarat di Bali, yang benar itu Jetstar dari Australia memutuskan balik ke asal karena ada miskomunikasi internal di kantor pusat Jetstar di Melbourne," kata Menparekraf saat Weekly Briefing, Senin (2/1/2023).

Baca juga:

 

Pesawat Jetstar asal Melbourne di Australia tersebut, kata dia, berangkat tanpa persetujuan penerbangan yang seharusnya tiba di Denpasar.

"Karena beroperasi menggunakan pesawat Boing 787, upgrade pesawat ini tidak dikomunikasikan kepada tim terkait di kantor pusat Jetstar," katanya. 

Permohonan ke Direktorat Perhubungan terkait persetujuan penerbangan tersebut tidak dipenuhi. Alhasil, pesawat Jetstar memutuskan kembali ke bandara asal di Melbourne.

Lebih lanjut, pihak maskapai penerbangan Jetstar saat ini melakukan review (tinjauan) secara menyeluruh terkait penerapan prosedur dan kelengkapan persyaratan penerbangan.

"Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) juga mengingatkan (kepada) para maskapai untuk tertib mematuhi prosedur dan aturan yang berlaku," tuturnya.

Baca juga:

Ia juga mengapresiasi kinerja otoritas Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, karena sudah memberikan pelayanan yang prima kepada wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia. 

"Kita sangat terbuka menyambut kunjungan wisman, terkhusus di Bali, apalagi dari Australia. Tapi tentunya peraturan harus ditegakkan demi keselamatan kita bersama," pungkasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com