Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spanyol Wajibkan Tes Covid-19 untuk Pelaku Perjalanan dari China

Kompas.com - 03/01/2023, 07:06 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Spanyol mewajibkan pelaku perjalanan asal China untuk menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 atau bukti vaksinasi dosis lengkap dengan vaksin yang telah disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Resolusi ini juga menetapkan persyaratan Sertifikat Covid Digital Uni Eropa (CCD-UE) atau yang setara untuk semua penumpang penerbangan dari China mulai 3 Januari 2023 (Selasa)," bunyi pengumuman dari laman Kementerian Kesehatan Spanyol, dikutip pada Senin (2/1/2023).

Baca juga:

Rencananya kebijakan ini diterapkan hingga bulan Februari mendatang, tepatnya Rabu (15/2/2023).

Dilansir dari Schengenvisainfo.com, pelaku perjalanan dari China akan melewati sejumlah pemeriksaan, mulai dari dokumen dan suhu tubuh hingga tes diagnostik untuk infeksi aktif SARS-CoV-2.

Baca juga: Indonesia Belum Berlakukan Syarat Tes PCR untuk Turis Asal China

Adapun syarat perjalanan untuk kedatangan dari Negeri Tirai Bambu ini diterapkan lantaran adanya kekhawatiran akibat meningkatnya infeksi Covid-19 di China, yang akan membuka perbatasan setelah tiga tahun.

Kebijakan ini hanya berlaku untuk pelaku perjalanan dalam penerbangan dari China, namun tidak berlaku untuk pelaku perjalanan dari Hong Kong.

Untuk diketahui, China berencana membuka perbatasan pada Minggu (8/1/2023) setelah sebelumnya menerapkan pembatasan selama sekitar tiga tahun. 

Baca juga:

Spanyol merupakan salah satu negara yang menerapkan syarat perjalanan bagi kedatangan dari China. 

Beberapa negara lainnya yang juga menerapkan syarat perjalanan bagi pelaku perjalanan asal Negeri Tirai Bambu, antara lain Jepang dan Italia.

Baca juga: Maskapai Asal China Segera Layani Penerbangan Langsung ke Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com