Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Berkunjung ke Masjid Al Jabbar, Ramai Orang dan Jalanan Macet

Kompas.com - 03/01/2023, 13:31 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masjid Al Jabbar di Bandung yang baru diresmikan pada Jumat (30/12/2022) berhasil menarik minat masyarakat untuk berkunjung.

Sehingga, sejak dari peresmian hingga baru-baru ini, Senin (2/1/2023), jalanan di sekitar Masjid Al Jabbar dikatakan ramai oleh masyarakat dan menyebabkan kemacetan cukup panjang. 

Seperti disampaikan oleh salah seorang warga asal Bekasi bernama Dini Afrianti Efendi, yang berkunjung ke Masjid AL Jabbar pada Senin (2/1/2023) malam. 

Baca juga:

"Aku ke sana jelang maghrib. Lewat Soekarno Hatta, di pertigaan mau muter balik juga susah, karena udah ada pengaturan lalu lintas di putaran balik pertigaan Gedebage," ujar Dini saat dihubungi Kompas.com, Selasa (3/1/2023). 

Ia melanjutkan bahwa macet kian parah di pertigaan Gedebage. Ternyata, kemacetan disebabkan ramainya kunjungan ke Masjid Al Jabbar.

Senada, seorang warga Bandung yang tinggal tidak jauh dari Masjid Al Jabbar bernama Anisa Nurjanah mengatakan dirinya ikut merasakan kemacetan di sekitar sana. 

Baca juga: Masjid Terbesar di Jawa Barat Al Jabbar Segera Diresmikan, di Mana Lokasinya?

"Saya tinggal di Cimincrang RW 04, Gang Irta, Gedebage, depannya Masjid Al Jabbar. Macet dari depan masuk pangkalan ojek sampai ke daerah stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)," katanya. 

Sejumlah pekerja saat tengah mengepel lantai plaza Masjid Al Jabbar di Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (26/12/2022).KOMPAS.COM/DENDI RAMDHANI Sejumlah pekerja saat tengah mengepel lantai plaza Masjid Al Jabbar di Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (26/12/2022).

Anisa juga menuturkan, kemacetan selama beberapa hari terakhir terjadi biasanya dari siang menuju malam hari. 

Lebih lanjut, katanya, banyak pengunjung yang terlihat berasal dari wilayah di luar Bandung. Terlihat dari pelat nomor kendaraan yang mereka bawa, sebagian ada yang berasal dari daerah luar Jawa Barat. 

Susah cari parkir di Masjid Al Jabbar

Kemacetan di jalan berdampak pada sulitnya para pengunjung mencari tempat parkir untuk kendaraan pribadi. 

Dini mengungkapkan, saat ingin memasuki Masjid Al Jabbar, ia terpaksa melewati jalan kecil di belakang yang ukurannya tidak muat untuk dua kendaraan. Kemacetan ini terus berlangsung hingga area parkir. 

"Lewat belakang yang jalannya kecil banget. Enggak bisa dua mobil, kalaupun mau dua mobil itu harus pelan dan dibantu sama juru parkir," tuturnya.

"Macetnya juga sampai tempat parkir, tempat parkirnya parah penuh banget sama kendaraan, sampai menjalar ke kebun-kebun, halaman masjid juga enggak cukup," ia melanjutkan. 

Baca juga: 15 Kafe Bandung Murah Buat Tempat Ngopi Asyik dan Instagramable

Anisa mengatakan hal yang sama. Ia merasa, akses jalan dari rumahnya menuju keluar menjadi terhambat. 

"Saya sebagai warga sekitar rumah depan masjid enggak bisa ke mana-mana karena macet total," kata dia. 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com