Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karimunjawa Tutup Kunjungan Wisata karena Cuaca Buruk

Kompas.com - 04/01/2023, 20:45 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kawasan Taman Nasional (TN) Karimunjawa, Jawa Tengah, ditutup untuk kegiatan pariwisata mulai Minggu (1/1/2023) berdasarkan Surat Kepala Balai TN Karimunjawa Nomor PG.3/T.34/TU/SET.1/12/2022.

Penutupan ini sehubungan dengan kewaspadaan kondisi cuaca buruk di perairan Kepulauan Karimunjawa, sebagaimana dikonfirmasi Kompas.com kepada Kepala Desa Karimunjawa, Arip Setiawan, Rabu (4/1/2023).

Baca juga:

"Semua kawasan Karimunjawa, atau kawasan Balai Taman Nasional Karimunjawa ditutup, tidak menerima kunjungan wisata karena cuaca buruk," tutur Arip.

Namun, kata dia, penutupan tidak berlaku untuk kawasan Pulau Genting dan Gundul.

Sebab, kedua wilayah itu secara administrasi ikut Karimunjawa, tetapi secara geografis masuk Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Baca juga: 4 Aktivitas Seru di Karimunjawa, Snorkeling hingga Santap Ikan

Wisata Karimunjawa ditutup hingga cuaca membaik

Penutupan Karimunjawa dari segala aktivitas pariwisata berlangsung sampai cuaca kembali membaik sehingga wisatawan bisa berwisata dengan aman dan nyaman.

"Pembukaan kawasan Taman Nasional Karimunjawa akan diumumkan secara resmi apabila sudah memungkinkan berdasarkan informasi resmi dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika)," demikian isi surat yang ditandatangani oleh Kepala Balai TN Karimunjawa Widiastuti, Kamis (29/12/2022).

Baca juga:

Seperti diketahui, cuaca dalam beberapa waktu terakhir terbilang cukup ekstrem di beberapa wilayah di Indonesia.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com sebelumnya, Sabtu (24/12/2022), lebih dari 300 wisatawan sempat tertahan di Karimunjawa akibat gelombang tinggi.

Akibatnya, kapal penyeberangan dari Jepara tidak bisa beroperasi sementara akibat gelombang laut yang tidak aman untuk pelayaran.

Baca juga: Kapan Waktu Tepat ke Karimunjawa? Waspada Gelombang Tinggi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com