Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Naik Bus Listrik di TMII, Ketahui Rute dan Potret Peta

Kompas.com - 05/01/2023, 17:05 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Kembali dibuka sejak November 2022 setelah revitalisasi, area di dalam Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sudah bebas kendaraan. Artinya, baik roda dua maupun roda empat tidak boleh dikendarai di dalam.

Untuk berkeliling, pengunjung bisa berjalan kaki, naik bus listrik, atau menggunakan sepeda pribadi dan sewaan. 

Baca juga:

Jika tidak ingin mengeluarkan biaya dan tenaga, bus listrik bisa menjadi pilihan transportasi yang tepat untuk menjelajahi TMII.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak naik bus listrik di TMII supaya perjalananmu lancar.

Tips naik bus listrik di TMII

Bagi yang baru pertama kali ke TMII atau baru akan mencoba bus listrik, berikut beberapa tips yang bisa diperhatikan agar kunjungan menjadi lebih nyaman. 

1. Datang saat hari kerja

Dari pantauan Kompas.com pada Sabtu (31/12/2022), bus listrik yang disediakan TMII sudah lebih banyak dibandingkan sebelumnya atau saat pembukaan uji coba pada akhir November 2022.

Suasana Anjungan Sumatera Selatan di TMII jelang pergantian tahun baru 2023, pada Sabtu (31/12/2022). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Suasana Anjungan Sumatera Selatan di TMII jelang pergantian tahun baru 2023, pada Sabtu (31/12/2022).

Kendati demikian, jumlahnya masih belum bisa benar-benar mengakomodasi keramaian pengunjung saat akhir pekan ataupun musim liburan, seperti jelang tahun baru atau libur anak sekolah.

Baca juga: Meriahnya Suasana Tahun Baru 2023 di TMII, Panggung Utama Ramai

Seperti Sabtu lalu, pengunjung harus menunggu hingga sekitar 15 menit untuk menaiki bus listrik yang kosong.

Oleh karena itu jika ingin tidak terlalu mengantre atau ramai saat berkeliling naik bus listrik, usahakan datang saat hari kerja (weekdays) dan ketika pagi hari karena biasanya akan lebih sepi pengunjung. 

2. Antre di halte bus listrik

Tips selanjutnya, kamu bisa naik bus listrik dari halte-halte yang tersebar di beberapa titik TMII. Sejauh pengamatan Kompas.com, jarak antara satu halte dengan halte terdekat tidak terlalu jauh, bisa jalan kaki sekitar 15 menit.

Pengunjung yang mengantre bus listrik di dekat gedung elevated parking TMII jelang pergantian tahun baru, Sabtu (31/12/2022). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pengunjung yang mengantre bus listrik di dekat gedung elevated parking TMII jelang pergantian tahun baru, Sabtu (31/12/2022).

Adapun tiap halte biasanya memiliki tanda papan berwarna merah dan berisi tulisan. Secara umum, halte di TMII juga memiliki atap penutup dan kursi cukup panjang, sehingga kamu bisa duduk dengan nyaman. 

Baca juga: Antrean Odong-Odong di TMII Mengular, Banyak yang Akhirnya Pilih Jalan Kaki

Selain titik-titik halte, tempat pemberhentian utama adalah di dekat gedung elevated parking eks Snow Bay.

Namun, biasanya halte utama yang dekat dari tempat parkir ini memiliki antrean yang lebih panjang dibandingkan halte yang tersebar di dalam. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com