Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/01/2023, 15:03 WIB

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjen Imigrasi) memberikan fasilitas layanan Paspor Simpatik dan Eazy Passport untuk seluruh masyarakat Indonesia mulai 7 Januari sampai 25 Januari 2023.

"Layanan ini diberikan mencermati permohonan paspor yang terus meningkat, sekaligus memfasilitas masyarakat yang hanya memiliki waktu saat akhir pekan," kata Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim pada Sabtu (06/01/2023) dalam siaran pers yang Kompas.com terima.

Baca juga:

Untuk diketahui, Paspor Simpatik merupakan layanan paspor yang diberikan kepada masyarakat setiap akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu, dengan kuota paspor walk-in ditentukan oleh kantor imigrasi setempat.

Sementara Eazy Passport merupakan layanan paspor yang diberikan khusus untuk kelompok rentan setiap hari kerja, yakni Senin sampai Jumat.

Adapun masyarakat yang termasuk kelompok rentan di sini meliputi anak-anak usia bawah lima tahun (balita), lanjut usia (lansia) 60 tahun lebih, serta penyandang disabilitas.

Baca juga:

Khusus untuk layanan Eazy Passport, tidak ada jumlah minimal pemohon yang harus dikumpulkan untuk dilayani oleh pihak imigrasi setempat.

Guna memudahkan, khusus kantor imigrasi di wilayah DKI Jakarta menghadirkan Mobil Layanan Paspor untuk layanan Eazy Passport.

Peringati Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-73

Adapun tujuan pengadaan layanan Paspor Simpatik dan Eazy Passport ialah dalam rangka memperingati Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-73 yang diperingati pada 26 Januari 2023 mendatang.

Ilustrasi paspor indonesia.SHUTTERSTOCK/RIVER IZKI Ilustrasi paspor indonesia.

Pelaksanaan layanan Paspor Simpatik dan Eazy Passport didasarkan pada Surat Keputusan Direktur Jendral Imigrasi Nomor IMI- 0005.KP.04.01 Tahun 2023 Tentang Panitia Nasional Hari Bhakti Imigrasi ke 73 Tahun 2023.

"Pembukaan Eazy Passport di setiap hari kerja hingga mendekati HBI dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat di penjuru negeri," kata Silmy.

Baca juga:

Ia juga berharap hadirnya dua layanan paspor ini bisa memberikan kemudahan dan kenyamanan, khususnya bagi masyarakat kelompok rentan yang ingin mengurus paspor.

Bagi masyarakat yang ingin mengurus paspor melalui layanan Paspor Simpatik maupun Eazy Passport, dapat melakukan konfirmasi ke kantor imigrasi yang dituju.

Adapun informasi kontak kantor imigrasi se-Indonesia, dapat diakses di laman resmi imigrasi go.id. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+