Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2023, 12:04 WIB

KOMPAS.com - Stasiun Gondangdia di Jakarta Pusat kerap dilalui sebagai tempat pemberhentian KRL Commuterline. Tapi jika diamati, ada banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan di sekitar stasiun ini.

Wisatawan bisa berwisata sejarah serta kulineran kaki lima di sekitar Stasiun Gondangdia saat sore tiba. Selain itu, kamu juga bisa menyantap kudapan ringan di sekitar Stasiun Gondangdia dari pagi hari, loh!

Baca juga:

"(Penjual) di sini ada yang dari pagi, ada yang dari sore juga, kalau sore buka biasanya dari jam tiga sore udah buka," kata salah seorang pegawai Dimsum Rapnesia, Tendi, kepada Kompas.com, Jumat (2/12/2022).

Sebagai informasi, berdasarkan pantauan Kompas.com, Jumat, gerai kuliner ada di dua sisi stasiun yakni pintu keluar utara dan pintu keluar selatan.

Lebih lanjut, berikut Kompas.com rangkum hal menarik apa aja yang bisa kamu lakukan seharian di sekitar Stasiun Gondangdia, mulai pagi hingga malam hari.

Wisata seharian di sekitar Stasiun Gondangdia Jakarta Pusat

Wisata sejarah di Gedung Joang 45

Kondisi Museum Joang 45 Saat Ini. Gedung ini beralamat di Jalan Menteng Raya Nomor 31, Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. KOMPAS.com/ANNISA RAMADANI SIREGAR Kondisi Museum Joang 45 Saat Ini. Gedung ini beralamat di Jalan Menteng Raya Nomor 31, Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Pagi hari, kamu bisa berjalan kaki selama sekitar 10 menit dari Stasiun Gondangdia menuju Gedung Joang 45 di Jalan Menteng Raya Nomor 31, Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Jaraknya sekitar 600 meter dari stasiun.

Gedung yang dulunya dikenal sebagai Gedung Menteng Raya 31 ini mengoleksi benda bersejarah terkait perjuangan rakyat Indonesia mencapai kemerdekaan.

Di dalam gedung, kamu bisa menemukan berbagai arsip sejarah kemerdekaan, mobil REP 1 merek Buick yang menjadi mobil kepresidenan pertama Republik Indonesia (RI), dan mobil REP 2 yang dulunya digunakan oleh Wakil Presiden pertama RI Moh. Hatta.

Baca juga: 14 Tempat Bersejarah di Jakarta Pusat, Ada Museum dan Taman

Selain itu, ada pula patung-patung pendekar perempuan RI, koleksi senjata, lukisan, perpustakaan, dan ruang khusus untuk anak.

Bagi pengunjung yang hendak datang, Gedung Joang 45 buka dari hari Selasa-Minggu pukul 08.00-16.00 WIB. Pada hari Senin, ditutup untuk jadwal pemeliharaan.

Foto-foto di depan Kantor Pos Cikini

Kantor Pos Indonesia di Cikini, Jakarta Pusat.KOMPAS.com/WASTI SAMARIA SIMANGUNSONG Kantor Pos Indonesia di Cikini, Jakarta Pusat.

Berdiri tahun 1920, Tjikini Post Kantoor dibangun guna melayani pengiriman serta menjamin keamanan surat dan barang penduduk, khususnya bagi pedagang yang datang dari luar Pulau Jawa waktu itu.

Alamatnya ada di Jalan Cikini Raya Nomor 2, Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, sekitar 170 meter berjalan kaki dari Gedung Joang 45.

Baca juga: 5 Tempat Jadul di Cikini Jakarta Pusat, Seolah Kembali ke Masa Lalu

Keunikan arsitektur bergaya kolonial yang masih sangat kental membuat bangunan ini berbeda dari kantor pos lainnya. Secara operasional, saat ini Tjikini Post Kantoor memiliki fungsi yang sama dengan kantor pos umumnya, baik dari pelayanan hingga pengiriman surat dan barang.

Dikutip dari Kompas.com, Senin (26/12/2021), sejak tahun 2014, Kantor Post Cikini telah beroperasi selama 24 jam setiap harinya untuk melayani pelanggan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+