Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2023, 16:36 WIB

KOMPAS.com - Rumah Kaca Kaktus di Kebun Raya Bali buka lagi mulai tanggal 1 Januari 2023, dengan wajah baru.

Taman edukasi tematik itu dibuka setelah proses renovasi secara menyeluruh pada atap kaca dan ruangan, sejak September 2022 lalu.

Baca juga:

"Senang sekali rasanya kami dari Kebun Raya Bali dapat mengawali tahun dengan langkah yang baik untuk semakin meningkatkan kenyamanan serta keamanan bagi pengunjung dalam mengeksplorasi taman indoor di Kebun Raya Bali," kata General Manager Kebun Raya Bali Tito Triputra dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Senin (9/1/2023).

Tito berharap dibukanya lagi Rumah Kaca Kaktus dapat memberi manfaat dalam meningkatkan minat kunjungan ke Kebun Raya Bali, untuk berwisata sembari belajar kekayaan flora, seperti keanekaragaman kaktus dan anggrek.

Seputar Kebun Raya Bali

Sesuai pendataan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada Oktober 2022, Rumah Kaca Kaktus di Kebun raya Bali memiliki setidaknya 916 spesimen, serta 98 jenis dari 8 suku tanaman kaktus dan sukulen.

Bagi pengunjung yang hendak melihat aneka koleksi tanaman kaktus dan anggrek, di setiap taman tematik indoor, termasuk Rumah Kaca Kaktus, telah tersedia staff pemandu serta penjaga taman yang akan membantu pengunjung mengeksplorasi.

Baca juga: 7 Wisata di Bali Saat Hari Suci Galungan, Bisa Lihat Suasana Pura

Beralamat di Jalan Kebun Raya, Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Rumah Kaca Kaktus Kebun Raya Bali kini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 09.00-16.00 Wita.

Koleksi tanaman anggrek di Rumah Kaca Kaktus Kebun Raya Balidokumentasi Kebun Raya Bali Koleksi tanaman anggrek di Rumah Kaca Kaktus Kebun Raya Bali

Tito menyampaikan, Kebun Raya Bali sebagai salah satu Kebun Raya Botani terbesar di Indonesia terus melakukan pembenahan, pengembangan, serta selalu melakukan perawatan taman-taman koleksi tematik.

Hal itu guna untuk mengimplementasikan salah satu dari lima pilar Kebun Raya, yakni konservasi.

Baca juga: 3 Fakta Jalak Bali, Ikon Pariwisata Pulau Dewata

Ke depannya, Program Tour de Kebun Raya serta Kelas Edukasi akan makin digencarkan guna menjadikan Kebun Raya Bali sebagai tempat belajar di alam yang seru, termasuk menjadikan Kebun Raya Bali sebagai destinasi eduwisata yang family-friendly.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+