Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2023, 16:19 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTT) menetapkan puncak Bau Nyale atau menangkap cacing laut akan digelar pada 10 dan 11 Februari 2023 di Pantai Seger, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Tanggal tersebut ditentukan berdasarkan hasil ritual sangkap warige tokoh budayawan maupun tokoh agama setempat.

"Sesuai hasil sangkap warige atau musyawarah, Bau Nyale di Pantai Seger itu ditetapkan Jumat 10 Februari hingga Sabtu 11 Februari," kata Tokoh Budayawan, Agus Fathurrahman di Desa Wisata Ende Desa Sengkol di Praya, Rabu (11/1/2023), seperti dikutip Antara.

Baca juga: Bau Nyale, Momen Berburu Cacing Nyale Perwujudan Purti Mandalika

Adapun ritual sangkap warige penentuan puncak Bau Nyale digelar satu kali setahun dan dipusatkan di Desa Wisata Adat Ende, Desa Sengkol, Kecamatan Pujut.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah, Lendek Jayadi mengatakan, penetapan puncak Bau Nyale 2023 dilakukan berdasarkan tanda-tanda alam yang terjadi.

Baca juga: Kisah di Balik Festival Bau Nyale Bisa Jadi Nilai Jual Pariwisata

Tanda-tanda tersebut di antaranya bunyian tengkere, bintang rowot, penanggalan sasak, serta tanda alam lain sesuai yang disampaikan oleh para tokoh dalam ritual sangkap warige.

"Bau Nyale ini akan menjadi rangkaian menyambut ajang Wold Supebike (WSBK) di Sirkuit Mandalika bulan Maret 2023 mendatang," ucap Lendek Jayadi.

Dua orang pepadu tengan bertarung di arena peresean yang digelar menjelang puncak Bau Nyale 2022 di Kuta Mandalika pada Kamis, (17/2/2022). TRIBUNLOMBOK.COM/LALU HELMI Dua orang pepadu tengan bertarung di arena peresean yang digelar menjelang puncak Bau Nyale 2022 di Kuta Mandalika pada Kamis, (17/2/2022).

Adapun dalam tradisi Bau Nyale, warga dari berbagai daerah turun ke laut untuk berburu cacing laut yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika, sebab memiliki jiwa yang bersih dan telah berkorban untuk kesejahteraan masyarakat.

Konon, sang Putri Mandalika memilih terjun ke laut di Pantai Seger saat para raja ingin menjadikannya sebagai istri. Namun, dirinya tidak bisa memilih salah satu dari raja tersebut.

Baca juga:

Demi mencegah pertumpahan darah, Putri Mandalika terjun ke laut dan akan kembali dalam bentuk cacing laut pada tanggal 20 bulan 10 penanggalan Sasak.

Tradisi Bau Nyale diselenggarakan sekitar bulan Februari untuk nyale awal dan Maret untuk nyale akhir di Pantai Seger atau di sepanjang pantai selatan Lombok Tengah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+