Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2023, 13:01 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Gunung Kerinci di Provinsi Jambi dan Sumatera Barat kembali mengalami erupsi dengan menyemburkan abu vulkanik setinggi 600 meter, Kamis (12/1/2023).

Akibat erupsi itu, pendakian Gunung Kerinci ditutup sementara untuk pengunjung. Adapun penutupan ini telah dilakukan sejak tiga bulan yang, tepatnya pada Rabu (19/10/2022).

Baca juga:

"Kondisi pendakian memang sudah ditutup sejak hampir tiga bulan lalu hingga saat ini, sejak mulai erupsi tanggal 18 dan 19 Oktober 2022," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Haidir kepada Kompas.com, Jumat (13/1/2023). 

Ia melanjutkan, sejauh ini belum ada rencana atau perkiraan terkait pembukaan kembali kegiatan pendakian di Gunung Kerinci.

Gunung Kerinci ditutup, bisa wisata di sekitarnya

Haidir menjelaskan bahwa sejak Rabu (19/10/2022) lalu, Balai Besar TNKS telah menutup kawasan Gunung Kerinci untuk tujuan wisata maupun pendakian.

"Baik melalui pintu masuk Pos R10 Kersik Tuo Kabupaten Kerinci maupun melalui Camping Ground Bangun Rejo Kabupaten Solok Selatan, hingga waktu yang belum ditentukan, " tutur dia.

Danau Kaco, salah satu obyek daya tarik wisata alam di Taman Nasional Kerinci Seblat, Jambi.Shutterstock/Rico Yulianto Danau Kaco, salah satu obyek daya tarik wisata alam di Taman Nasional Kerinci Seblat, Jambi.

Adapun Haidir mengatakan, pengunjung masih dapat menikmati obyek wisata alam lain di Taman Nasional Kerinci Seblat yang bisa dikunjungi seperti biasa. 

"Ada Danau Kaco, Danau Gunung Tujuh, dan Rawa Bento. Masih (buka) normal seperti biasa ya," ia menuturkan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com