Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalimantan Selatan Targetkan Lebih dari 11,2 Juta Kunjungan Wisatawan pada 2023

Kompas.com - 14/01/2023, 08:05 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Lebih dari 11,2 wisatawan ditargetkan untuk mengunjungi tempat wisata di Kalimantan Selatan pada tahun 2023. 

Hal ini lantaran jumlah kunjungan wisatawan nusantara ke provinsi tersebut pada tahun 2022 sudah sebanyak 11,2 juta wisatawan.

Baca juga:

"Sedangkan untuk wisatawan mancanegara itu sekitar 42.000," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan M Syarifuddin, dikutip dari Antara, Sabtu (14/1/2023).

Pihaknya optimistis akan tercapainya target tahun 2023 tersebut dan bangkitnya pariwisata Kalimantan Selatan berkat dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada akhir 2022 lalu.

Baca juga: Suku Banjar, Suku Terbesar di Kalimantan Selatan

"Makanya kita optimistis target naik 10 persen tahun ini," katanya.  

Event pariwisata jadi daya tarik wisatawan pada 2023

Ilustrasi Makam Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari di Kalimantan Selatan pada tahun 2011.Dok. Wikimedia Commons/Arief Rahman Saan (Ezagren) Ilustrasi Makam Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari di Kalimantan Selatan pada tahun 2011.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), kata dia, telah menetapkan sejumlah event (acara) pariwisata bernuansa budaya daerah di Kalimantan Selatan dalam daftar Karisma Event Nusantara 2023.

Event tersebut adalah Festival Kebudayaan Pasar Terapung di Lok Baintan di Kabupaten Banjar, Festival Budaya Saijaan di Kabupaten Kotabaru, Festival Budaya Loksado di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Banjarmasin Sasirangan Festival di Kota Banjarmasin, dan Festival Budaya Adat Dayak di Kabupaten Balangan.

Baca juga:

Tidak hanya itu, Kalimantan Selatan juga memiliki beragam tempat wisata alam dan religi.

Untuk wisata religi, wisatawan bisa mendatangi makam KH Muhammad Zaini bin Abdul Gani atau Guru Sakumpul dan makam Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau Datu Kelampayan di Martapura, Kabupaten Banjar. 

Terdapat juga tempat wisata yang baru dikembangkan yaitu Gunung Batu, Kiram Park, dan Mandiangin.

Baca juga: 5 Juta Wisatawan Kunjungi Kalimantan Selatan pada Semester I 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com