Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/01/2023, 11:07 WIB

KOMPAS.com - Maksimalkan waktu berkunjung ke kawasan Pasar Lama Tangerang dengan mendatangi beberapa lokasi wisata terdekat.

Perjalanan berkeliling ke tempat wisata di kawasan Pasar Lama Tangerang dapat dilakukan dengan jalan kaki karena jarak antar tempat wisata cukup dekat.

Baca juga:

Lokasi kawasan Pasar Lama Tangerang berada dekat dengan Stasiun Tangerang. 

Wisatawan yang datang dari arah Jakarta bisa naik kereta api dari Stasiun Tanah Abang dan berhenti di Stasiun Tangerang.

Berikut empat lokasi wisata dekat kawasan Pasar Lama Tangerang yang bisa dikunjungi. 

Wisata Pasar Lama Tangerang

1. Mengunjungi Museum Benteng Heritage

Balkon di lantai dua Museum Benteng Heritage di Pasar Lama, Kota Tangerang, dengan latar belakang tenda-tenda pedagang pasar.KOMPAS/RADITYA HELABUMI Balkon di lantai dua Museum Benteng Heritage di Pasar Lama, Kota Tangerang, dengan latar belakang tenda-tenda pedagang pasar.

Perjalanan menjelajah kawasan Pasar Lama Tangerang dapat dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB. Tempat pertama yang bisa dikunjungi yaitu Museum Benteng Heritage.

Museum Benteng Heritage merupakan museum yang menyimpan bukti sejarah peranakan Tionghoa di Tangerang.

Wisatawan yang ingin datang berkunjung perlu membeli tiket museum di lokasi terlebih dahulu.

Baca juga:

Harga tiket masuk Museum Benteng Heritage untuk wisatawan umum yakni Rp 30.000. Sementara harga tiket masuk Museum Benteng Heritage untuk pelajar Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dikenakan biaya sebesar Rp 20.000.

Transaksi di Museum Benteng Heritage masih berupa transaksi tunai dan tidak melayani transaksi non-tunai. Oleh karena itu sebaiknya siapkan uang tunai sebelum datang berkunjung. 

2. Mengunjungi Klenteng Boen Tek Bio

Klenteng Boen Tek Bio di kawasan Pasar Lama Tangerang.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Klenteng Boen Tek Bio di kawasan Pasar Lama Tangerang.

Usai belajar sejarah di Museum Benteng Heritage, kamu bisa lanjut mampir ke klenteng tertua di kawasan Pasar Lama Tangerang, yakni Klenteng Boen Tek Bio .

Jarak antara Klenteng Boen Tek Bio dan Museum Benteng Heritage cukup dekat, yakni sekitar 70 meter. Wisatawan dapat jalan kaki ke lokasi klenteng sekitar satu menit.

Baca juga: 3 Tempat Wisata Bersejarah di Pasar Lama Tangerang

Pengurus Klenteng Boen Tek Bio Tedy Santibalo mengatakan kepada Kompas.com (13/01/203) bahwa Klenteng Boen Tek Bio sudah ada sejak 1684 sebagai tempat persembahyangan orang-orang Tionghoa.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+