Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/01/2023, 15:45 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Perayaan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili jatuh pada Minggu (22/1/ 2023) mendatang. Menyambut Tahun Baru Imlek, berlibur bersama keluarga atau saudara menjadi agenda yang tidak boleh dilewatkan.

Apalagi, ada cuti bersama Tahun Baru Imlek pada Senin (23/1/2023). Jika kamu berada di Jakarta, ada sejumlah tempat untuk merayakan Tahun Baru Imlek 2023.

Tempat-tempat tersebut memiliki nuansa khas Tionghoa. Kamu bisa mengajak keluarga dan saudara berkunjung ke tempat-tempat tersebut.

Tempat untuk merayakan Imlek di Jakarta

Berikut tempat merayakan Imlek di Jakarta seperti dihimpun dari sumber Indonesia Travel dan Kompas.com.

1. Pecinan Glodok, Jakarta Barat

Pedagang menjajakan pernak pernik Imlek di Pasar Glodok, Jalan Pancoran Raya, Glodok, Tamansari, Jakarta Barat, Selasa (29/1/2019). Selain di Jalan Pancoran Raya, pedagang banyak yang menggelar lapak hingga memasuki area Vihara Dharma Bhakti, Petak Sembilan, Jalan Kemenangan III, Glodok.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pedagang menjajakan pernak pernik Imlek di Pasar Glodok, Jalan Pancoran Raya, Glodok, Tamansari, Jakarta Barat, Selasa (29/1/2019). Selain di Jalan Pancoran Raya, pedagang banyak yang menggelar lapak hingga memasuki area Vihara Dharma Bhakti, Petak Sembilan, Jalan Kemenangan III, Glodok.

Bicara tempat merayakan Imlek, pastinya tidak bisa lepas dari kawasan Pecinan atau Chinatown. Salah satu kawasan Pecinan terbesar di Jakarta adalah Pecinan di Glodok, Jakarta Barat.

Mengutip Kompas.com (14/1/2023), masyarakat bisa seharian menjelajahi area Pecinan Glodok untuk merayakan Imlek. Lokasi yang mudah diakses, serta jarak antara atraksi wisata yang berdekatan, membuat kawasan Pecinan Glodok jadi tempat favorit untuk walking tour alias wisata berjalan kaki.

Baca juga: Seharian Jelajah Kawasan Pecinan Glodok, Bisa Sambil Kulineran

Bangunan Pantjoran Tea House di Taman Sari, Jakarta Barat.Dok. pantjoranteahouse.com Bangunan Pantjoran Tea House di Taman Sari, Jakarta Barat.

Kamu bisa mengunjungi Pantjoran Tea House, yaitu kafe yang dulunya adalah toko obat tertua kedua di Jakarta da deretan toko obat China.

Jangan lupa untuk mengunjungi Petak Sembilan yang ikonik. Petak Sembilan adalah kawasan yang dipenuhi dengan pedagang yang menjual aneka jenis barang, mulai dari perlengkapan rumah tangga, ikan segar, kue kering dan kue keranjang, manisan, perlengkapan ibadah umat Budha dan Konghucu,  baju Imlek, serta ornamen yang didominasi warna merah khas Tionghoa.

Ada sejumlah tempat ibadah di kawasan Pecinan Glodok. Meliputi, Vihara Dharma Bakti yang mrupakan kelenteng tertua di Jakarta, Vihara Toa Se Bio, Gereja Santa Maria de Fatima, dan lainnya. 

Baca juga: 8 Tempat Menarik di Pecinan Glodok, Bisa Jajan di Petak Enam

2. Vihara Dharma Bhakti

Warga keturunan Tionghoa melakukan ibadah Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili di Vihara Dharma Bhakti, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta, Selasa (1/2/2022). Vihara Dharma Bhakti melakukan sembahyang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Warga keturunan Tionghoa melakukan ibadah Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili di Vihara Dharma Bhakti, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta, Selasa (1/2/2022). Vihara Dharma Bhakti melakukan sembahyang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

Vihara Dharma Bhakti juga dikenal sebagai Kelenteng Kim Tek Ie. Tempat ibadah ini merupakan kelenteng tertua di Jakarta yang sudah berdiri sejak 1650, seperti dikutip dari Indonesia Travel.

Lokasinya masih berada di dalam kawasan Pecinan, Glodok Jakarta Barat. Tepatnya di Jalan Kemenangan III Petak Sembilan Nomor 19, RT.3/RW.2, Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat. 

Kelenteng ini pertama kali dibangun oleh seorang Letnan Tionghoa yang bernama Kwee Hoen. Dari dulu, kelenteng ini menjadi pusat perayaan hari-hari besar Tionghoa, termasuk perayaan Imlek.

Baca juga: Mengenal Perayaan dan Tradisi Imlek di China, Ada Juga Berbagi Angpau

3. Pantjoran PIK, Jakarta Utara 

Salah satu gapura di Pantjoran PIK.Dok. Pantjoran PIK Salah satu gapura di Pantjoran PIK.

Kawasan Pantjoran Pantai Indah Kapuk (PIK) di Jakarta Utara menjadi tempat favorit wisatawan dengan nuansa Tionghoa yang kental. Mengutip Kompas.com (10/10/2022), ada beragam aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan di Pantjoran PIK.

Mulai dari berburu aneka kuliner legendaris hingga kudapan kekinian hingga berbelanja aneka aksesoris lucu.

Pengunjung juga bisa berfoto dengan begron nuansa Chinatown, yang sangat cocok untuk merayakan Tahun Baru Imlek 2023. Banyak spot Instagramable yang mudah ditemukan di Pantjoran PIK.

Baca juga: 5 Aktivitas di Pantjoran PIK, Cobain Kuliner Legendaris hingga Beli Skincare

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+