Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makna Tahun Kelinci Air bagi Pariwisata, Wisata Romantis Dicari

Kompas.com - 18/01/2023, 15:38 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Tahun 2023 merupakan tahun kelinci air dalam kalender China. Tahun kelinci air diprediksi membawa sejumlah pengaruh pada sektor pariwisata.

Lantas, apa makna tahun kelinci air bagi pariwisata? Berikut penjelasannya yang dihimpun Kompas.com dari Feng Shui Consulting Indonesia.

Baca juga: Libur Panjang Imlek, Wisata ke 7 Kawasan Pecinan di Indonesia

Karakter tahun Kelinci Air 

Ilustrasi cuti bersama Tahun Baru Imlek 2023.Dok. Shutterstock/badboydt7 Ilustrasi cuti bersama Tahun Baru Imlek 2023.

Sebelum mengulas makna tahun kelinci air bagi sektor pariwisata, kita perlu memahami lebih dulu karakter tahun kelinci air.

Pakar Feng Shui dari Feng Shui Consulting Indonesia, Yulius Fang menjelaskan, shio kelinci tidak berarti menggunakan sifat dari kelinci. Namun, hanya lambang binatang yang digunakan untuk mewakili elemen.

Jadi, prediksi pengaruh tahun kelinci didasarkan pada karakter elemen yang diwakili oleh kelinci, bukan sifat dari binatang kelinci tersebut.

“Kelinci mewakili elemen kayu kecil (kayu yin), di tahun 2023 datang bersamaan dengan elemen air kecil (air yin),” terangnya kepada Kompas.com, Selasa (17/1/2023).

Baca juga: Tren Wisata Spontan Bakal Digemari Tahun 2023, Apa Itu?

Ilustrasi pasangan yang tengah honeymoon di Labuan Bajo, NTTDok. Shutterstock Ilustrasi pasangan yang tengah honeymoon di Labuan Bajo, NTT

Contoh dari elemen kayu kecil adalah rumput, tanaman kecil, tanaman merambat, atau bunga. Sifat positif dari elemen ini adalah fleksibel, adaptif, menarik, ekspresif, dan bertumbuh.

Sedangkan, sifat negatif dari elemen kayu kecil antara lain picik, perhitungan, cemburu, egois (seperti tanaman merambat atau parasit), dan mudah terluka atau trauma.

Sementara itu, contoh dari elemen air kecil antara lain hujan, uap, dan kabut.

Baca juga: Imlek 2023 Shio Kelinci Air, Ketahui Karakter Peruntungannya

Sifat positif dari elemen air kecil adalah lembut, sensitif, imajinatif, dan romantis. Sedangkan, sifat negatifnya seperti pesimis, penakut, misterius, pikiran sempit, penyendiri, dan melankolis.

“Jadi tahun kelinci air adalah tahun yang terlihat dari luar sensitif, pesimis, misterius, imajinatif, dan romantis. Namun, dari dalamnya adalah tahun yang antusias, ekspresif, tumbuh perlahan, tapi kurang sabar,” terang Yulius.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com