Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Pracima Tuin di Pura Mangkunegaran Solo Akan Dibuka Sabtu Ini

Kompas.com - 18/01/2023, 18:11 WIB
Sania Mashabi,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Taman Pracima Tuin di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, akan dibuka pekan ini, tepatnya pada Sabtu (21/1/2023).

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau Injourney Dony Oskaria. Injourney merupakan pengembang Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DSP), salah satunya Taman Pracima Tuin.

Baca juga:

"Taman Pracima (Tuin) yang Sabtu ini akan kita resmikan itu adalah pengerjaan yang kita bangun. Sabtu ini akan kita lakukan soft launching-nya oleh teman-teman dari Mangkunegaran," kata Dony kepada Kompas.com dalam Indonesia Tourism Outlook 2023, Rabu (18/1/2023).

Dilaporkan oleh Kompas.com, Kamis (12/1/2023), grand opening atau pembukaan secara resmi Taman Pracima Tuin rencananya akan dilakukan pada bulan Maret 2023.

Salah satu daya tarik Taman Pracima Tuin adalah restoran yang menyajikan makanan kesukaan Mangkunegara sebelumnya, berdasarkan arsip Pura Mangkunegaran.

Baca juga: 9 Fakta Pendopo Ageng Pura Mangkunegaran Tempat Resepsi Kaesang-Erina

Saat datang ke tempat wisata ini, pengujung bisa merasakan makanan bersejarah tersebut. Beberapa sajian yang akan dijadikan menu, antara lain Dendeng Age, Brubus, dan Garang Asem.

Stasiun Solo Balapan akan jadi stasiun pariwisata

Suasana pagi hari di Stasiun Balapan, Selasa (09/08/2022).KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Suasana pagi hari di Stasiun Balapan, Selasa (09/08/2022).

Dony menjelaskan, selain membangun proyek Taman Pracima pihaknya juga mengerjakan empat proyek tempat wisata lainnya di Yogyakarta, Solo, dan Semarang.

Keempat tempat wisata tersebut yakni pengerjaan Kota Lama Semarang, serta pembaruan Stasiun Tugu Yogyakarta, Stasiun Solo Balapan, dan Lokananta.

"(Stasiun) Solo Balapan (akan) menjadi stasiun pariwisata, kemudian Lokananta juga baru direnovasi jadi tourism hub (pusat pariwisata)," ujar dia.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com