Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2023, 15:13 WIB

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mendatangi sejumlah tempat di Sulawesi Utara, sehubungan dengan kunjungan kerjanya ke provinsi tersebut sejak Rabu (18/1/2023).

Di tempat-tempat itu, Presiden tidak hanya melakukan peresmian tapi juga berjalan-jalan, menyantap makan malam, dan menyapa masyarakat.

Baca juga:

Berikut daftar tempat di Sulawesi Utara yang dikunjungi oleh Jokowi sebagai inspirasi saat berwisata di provinsi tersebut:

Tempat wisata di Sulawesi Utara yang dikunjungi Jokowi

1. Bunaken

Panorama Pulau Bunaken dilihat dari atas.SHUTTERSTOCK/RADITYA Panorama Pulau Bunaken dilihat dari atas.

Berlokasi di Teluk Manado, Bunaken dikenal sebagai salah satu tempat wisata alam dengan daya tarik berupa ekosistem bawah laut dan beragam aktivitas olahraga air.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (20/1/2023), Jokowi dan rombongan berangkat dari Dermaga Mega Mas, Kota Manado, menuju Bunaken menggunakan moda transportasi laut. 

Sesampainya di Dermaga Pulau Bunaken, Presiden meninjau kawasan dan homestay yang ada. Diharapkan, wisatawan mancanegara (wisman) bisa kembali berwisata ke kawasan tersebut.

Baca juga:

"Ini telah kita perbaiki paling tidak untuk mukanya sudah kelihatan, homestay untuk turis juga sudah disiapkan, ada 50 rumah yang telah dibangun pemerintah untuk masyarakat," kata Jokowi, dikutip dari Kompas.com, Jumat (20/1/2023).

Jika berkunjung ke Bunaken, wisatawan bisa melakukan banyak kegiatan, mulai dari berfoto-foto dengan latar pantai, menikmati pemandangan terumbu karang dari atas kapal, snorkeling, hingga menyelam.

Terdapat sekitar 20 titik penyelaman dengan kedalaman yang berbeda-beda sehingga bisa dieksplor oleh wisatawan.

2. Pantai Malalayang

Kementerian PUPR telah menyelesaikan Penataan Kawasan Pantai Malalayang dan Ecotourism Village Bunaken di Provinsi Sulawesi Utara.Dok. Kementerian PUPR Kementerian PUPR telah menyelesaikan Penataan Kawasan Pantai Malalayang dan Ecotourism Village Bunaken di Provinsi Sulawesi Utara.

Jokowi dan rombongan juga dijadwalkan mengunjungi Pantai Malalayang pada Jumat (20/1/2023) guna meresmikan penataan kawasan pantai dan Ecotourism Village Bunaken. 

Adapun Pantai Malalayang berlokasi di Kecamatan Malalayang yang jaraknya 8-10 kilometer dari pusat Kota Manado.

Baca juga:

Di pantai ini, dikutip dari Kompas.com, Jumat (5/7/2019), wisatawan bisa menikmati panorama alam sambil duduk santai atau menyelam. 

Pantai Malalayang juga menjadi lokasi yang pas untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam (sunset).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+