Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2023, 21:35 WIB

KOMPAS.com - Pantai Tanjung Aan di Nusa Tenggara Barat (NTB) akan jadi pusat perayaan puncak Bau Nyale menangkap cacing laut pada tahun ini, mulai Jumat (10/2/2023) hingga Sabtu (11/2/2023).

"Perayaan malam puncak Bau Nyale di Pantai (Tanjung) Aan. Bau Nyale tetap di Pantai Seger pada pagi hari," kata Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri, dikutip dari Antara, Jumat (20/1/2023).

Baca juga:

Ia melanjutkan bahwa Pantai Tanjung Aan dipilih guna menjaga pembangunan di wilayah barat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Sirkuit Mandalika (Pertamina Mandalika International Street Circuit). 

Hal ini, kata dia, karena pada bulan Maret 2023 akan ada ajang World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika.

Baca juga: Kisah di Balik Festival Bau Nyale Bisa Jadi Nilai Jual Pariwisata

Warga ikut menangkap nyale atau cacing laut yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika, saat puncak Tradisi Bau Nyale di Pantai Seger, Kuta Lombok Tengah, Selasa (22/2/2022). Tradisi Bau Nyale digelar tiap tahun oleh masyarakat Suku Sasak di sepanjang pantai selatan Pulau Lombok pada tanggal 20 bulan 10 penanggalan Suku Sasak, yang tahun ini jatuh pada 22 Februari 2022.KOMPAS.com/FITRI RACHMAWATI Warga ikut menangkap nyale atau cacing laut yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika, saat puncak Tradisi Bau Nyale di Pantai Seger, Kuta Lombok Tengah, Selasa (22/2/2022). Tradisi Bau Nyale digelar tiap tahun oleh masyarakat Suku Sasak di sepanjang pantai selatan Pulau Lombok pada tanggal 20 bulan 10 penanggalan Suku Sasak, yang tahun ini jatuh pada 22 Februari 2022.

Ia pun mengimbau agar pemilihan lokasi tersebut tidak dipersoalkan, sekaligus mengajak semua pihak untuk mendukung tradisi ini.

Sebelumnya dilaporkan Kompas.com, Rabu (11/1/2023), tanggal puncak Bau Nyale diputuskan menurut hasil ritual sangkap warige tokoh budaya dan tokoh agama setempat.

Baca juga:

"Sesuai hasil sangkap warige atau musyawarah, Bau Nyale di Pantai Seger itu ditetapkan Jumat 10 Februari hingga Sabtu 11 Februari," kata Tokoh Budayawan Agus Fathurrahman, Rabu (11/1/2023).

Saat Bau Nyale, masyarakat akan ke pantai untuk berburu cacing laut yang diyakini sebagai jelmaan Putri Mandalika. Cacing yang ditangkap pun umumnya berwarna hijau dan merah. 

Baca juga: Itinerary 2 Hari 1 Malam Wisata Budaya di Mandalika Lombok Tengah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+