Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2023, 07:05 WIB

KOMPAS.com - Salah satu hal menarik yang bisa dilakukan saat tahun baru Imlek 2023 adalah berwisata ke wihara-wihara ikonis di Jakarta, salah satunya Vihara Hok Tek Tjeng Sin.

Wihara ini kerap disebut "hidden gem" lantaran lokasinya yang cukup tersembunyi.

Sebagai informasi, wihara ini terletak di pusat pasar tradisional, tepatnya bersebelahan dengan bangunan blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Baca juga:

Dewi, salah satu penjaga wihara, mengatakan, wihara terbuka bagi siapa saja dan tidak ada aturan kunjungan untuk etnis atau agama tertentu saja.

"Siapa saja boleh ke sini, enggak cuma sembahyang, mau foto boleh, ambil video juga boleh," tutur Dewi saat ditemui Kompas.com, Kamis (19/1/2023).

Nah, agar perjalanan menuju Vihara Hok Tek Tjeng Sin efektif dan menyenangkan, berikut Kompas.com rangkum sejumlah tips buat yang ingin berkunjung, Kamis (19/1/2023) lalu.

Tips ke Vihara Hok Tek Tjeng Sin

1. Naik transportasi umum

Cara mudah menuju Vihara Hok Tek Tjeng Sin ialah menggunakan transportasi umum berupa Commuter Line (KRL). Kemudian, dilanjutkan berjalan kaki sekitar 1 kilometer dari Stasiun Tanah Abang.

Depan Vihara Hok Tek Tjeng Sin yang dipenuhi sepeda motor parkir, Kamis (19/1/2023).Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Depan Vihara Hok Tek Tjeng Sin yang dipenuhi sepeda motor parkir, Kamis (19/1/2023).

Cara ini pas bagi kamu yang suka mengeksplor tempat baru, sekaligus merasakan sensasi mencari lokasi wihara yang tersembunyi di tengah riuhnya pasar.

Selain itu, bila berangkat dengan sepeda motor, misalnya, akan membingungkan menemukan kantong parkir. Sebab, kondisi jalanan di depan wihara begitu padat, sehingga sulit dilalui pengendara motor.

Baca juga:

Meski di depan gerbang ada sepetak kantong parkir untuk kendaraan roda dua, namun akses menuju lokasi ini pun tidak bisa dibilang mudah.

Selain itu, para pedagang juga sibuk hilir mudik membawa gerobak dan kardus-kardus hingga barang jualan, melewati jalanan sempit depan wihara.

Jadi, buat yang mau ke sini, bisa berhenti di stasiun terdekat, yakni Stasiun Tanah Abang. Lalu, ke luar melalui pintu ke arah pasar, menuruni tangga stasiun.

Baca juga: Libur Panjang Imlek, Wisata ke 7 Kawasan Pecinan di Indonesia

Kompas.com sempat bertanya pada salah satu satpam di Stasiun Tanah Abang. Opsi lainnya menuju wihara ini bisa menaiki angkutan kota (angkot) nomor M9 dengan membayar tunai Rp 4.000, lalu berhenti di Blok A.

2. Datang pagi hari

Agar matahari tidak begitu terik saat berjalan menuju lokasi, sebaiknya datang pada pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB.

Ditambah lagi, harus berjalan kaki melewati para pedagang, yang semakin siang, semakin ramai oleh pembeli.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+