Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2023, 22:02 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Munggur Park Klaten adalah taman rekreasi dengan konsep pasar malam yang dikemas secara modern serta dilengkapi dengan area bermain (playground).

“Jadi, wahana pasar malam kami kemas secara modern, kemudian menetap, dan konsepnya taman berman seperti playground,” ujar General Manager Munggur Park Klaten, Ovick Raharja kepada Kompas.com, Sabtu (21/1/2023).

Baca juga: Munggur Park Klaten, Pasar Malam Modern dengan Beragam Wahana

Taman bermain seluas 5.000 meter persegi ini berlokasi di Jalan Kaswari, Gatak, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Munggur Park Klaten, wisata yang mengusung konsep pasar malam modern dilengkapi dengan playground
Dok. Instagram @munggurpark.klaten Munggur Park Klaten, wisata yang mengusung konsep pasar malam modern dilengkapi dengan playground

Pengunjung bisa menikmati aneka wahana permainan seperti jet coaster, kereta mini, gajah terbang, taman kelinci, rumah balon, taman Cappadocia, bianglala, kora-kora, trampolin, dan terbaru rumah hantu Misteri Pabrik Karung Goni.

Seperti layaknya pasar malam, Munggur Park Klaten buka dari sore hingga malam hari. Jam buka Munggur Park Klaten adalah 16.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB.

Baca juga: Harga Tiket dan Jam Buka Munggur Park Klaten, Bisa Masuk Gratis 

Nah, sambil menunggu jam bukanya, pengunjung bisa bermain ke tempat wisata dekat Munggur Park Klaten berikut ini.

1. Wahana Soko Alas 

Spot instagramable di Wahana Soko Alas di Desa Ponggok, Klaten.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Spot instagramable di Wahana Soko Alas di Desa Ponggok, Klaten.

Wahana Soko Alas adalah obyek wisata baru yang buka pada Selasa (20/12/2022) lalu. Lokasinya berada di Desa Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

Jarak Munggur Park ke Wahana Soko Alas sekitar 8,5 kilometer (km) dengan waktu tempuh 16 menit.

Mengutip Kompas.com (27/12/2022), obyek wisata baru ini mengusung konsep The Art of Destination, yakni menyuguhkan ilustrasi-ilustrasi yang berkaitan dengan kesenian dan kerajinan tangan, terutama dari kayu.

Baca juga: Wahana Soko Alas, Wisata Baru di Desa Ponggok, Klaten yang Instagramable

Sejumlah aktivitas di Wahana Soko Alas antara lain berfoto di instalasi karya seni dari kayu, berfoto di tempat instagramable, memberi makan di embung, berenang, makan di restoran, dan gathering.

Tiket masuk di Wahana Soko Alas yakni Rp 10.000 per orang pada weekdays dan Rp 15.000 per orang pada weekend dan libur nasional.

2. Umbul Ponggok 

Belajar snorkeling dan menyelam di Umbul Ponggok Klaten.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Belajar snorkeling dan menyelam di Umbul Ponggok Klaten.

Obyek wisata yang satu ini sudah terkenal di kalangan wisatawan. Umbul Ponggok adalah wisata bawah air yang memiliki spot foto Instagramable di dalamnya.

Lokasinya berada di Jalan Delanggu- Polanharjo, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Jarak Munggur Park ke Umbul Ponggok sekitar 9,4 km dengan waktu tempuh 18 menit.

Baca juga: Mau Snorkeling di Laut, Latihan Dulu di Umbul Ponggok Klaten

Mengutip Kompas.com (8/8/2020), keunikan Umbol Ponggok adalah dasar kolam berupa pasir dan berisi berbagai jenis ikan. Meski dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok tidak bau amis karena terus mengalir.

Wisatawan yang masuk ke dalam kolam bisa menemui beberapa properti foto menarik, seperti motor klasik C70, sepeda onthel, meja makan, kursi santai, televisi, hingga laptop.

Selain berfoto bersama ikan dan beberapa properti, wisatawan juga bisa snorkeling dan diving di Umbul Ponggok. 

3. Umbul Manten 

Umbul Manten Klaten.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Umbul Manten Klaten.

Umbul Manten merupakan tempat wisata air yang berada di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

Jarak Munggur Park ke Umbul Ponggok sekitar 9,8 km dengan waktu tempuh 19 menit.

Suasana Umbul Manten masih alami dan asri karena banyak pohon besar di sekitar kolam. Selain itu, air di Umbul Manten sangat jernih sehingga bebatuan di dasar kolam bisa terlihat dengan jelas.

Baca juga: Tradisi Padusan, Ribuan Orang Padati Umbul Manten di Klaten

Wisatawan bisa menyelam di kolam Umbul Manten yang memiliki kedalaman hingga 1,5 meter.

Untuk masuk ke obyek wisata ini, pengunjung dikenakan tiket masuk Rp6.000 per orang. Adapun jam operasional wisata Umbul Manten mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+