Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2023, 11:11 WIB

KOMPAS.com - Vihara Hok Tek Tjeng Sin yang ada di kawasan Tanah Abang, Jakarta Barat ini bisa disebut sebagai hidden gem lantaran lokasinya yang seakan terasing di tengah keriuhan pasar tradisional Tanah Abang.

Butuh waktu berjalan kaki sekitar 10 menit dari Stasiun Tanah Abang, menyusuri seluk-beluk pasar, dengan medan yang cukup variatif. Mulai dari jalanan aspal, jalan berbatu, tanjakan, lubang-lubang yang berisi genangan air, menaiki tangga, hingga melewati gang-gang sempit.

Baca juga:

Adapun wihara ini letaknya tepat bersebelahan dengan bangunan blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, dan terbuka bagi siapa saja. Tidak ada aturan kunjungan untuk etnis atau agama tertentu.

"Siapa saja boleh ke sini, enggak cuma sembahyang, mau foto boleh, ambil video juga boleh," ujar salah satu pengurus Wihara Hok Tek Tjeng Sin, Dewi saat ditemui Kompas.com, Kamis (19/1/2023).

Nah, agar perjalanan menuju Vihara Hok Tek Tjeng Sin efektif, agaknya perlu menyimak sejumlah patokan yang telah Kompas.com rangkum berikut ini.

Panduan jalan kaki menuju Vihara Hok Tek Tjeng Sin

Cara mudah menuju Vihara Hok Tek Tjeng Sin, yaitu menggunakan transportasi umum berupa Commuter Line (KRL). Lalu, dilanjutkan berjalan kaki sekitar 1 km dari Stasiun Tanah Abang.

Bagian depan Vihara Hok Tek Tjeng Sin di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Bagian depan Vihara Hok Tek Tjeng Sin di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Cara ini pas bagi kamu yang suka mengeksplor tempat baru, sekaligus merasakan sensasi mencari lokasi wihara yang tersembunyi di tengah riuhnya pasar.

Namun, tersedia juga opsi naik angkutan kota (angkot), nomor M9 dari Stasiun Tanah Abang, dengan membayar Rp 4.000, lalu berhenti di Blok A.

Baca juga: Sejarah Kelenteng Tertua di Tangerang Boen Tek Bio, sejak 1684

Untuk arahan dari stasiun, ambil lah pintu keluar sebelah gerai Indomaret ke arah penjual pakaian. Ikuti terus jalannya hingga menemukan tangga ke bawah menuju pasar.

Sebagai patokan, turun dari tangga keluar stasiun, kamu harus menyusuri Jalan Jati Baru yang dipenuhi oleh penjual buah-buahan. Berikutnya kamu akan melihat deretan kios-kios penjual kerudung pada sisi kiri kanan jalan.

Terowongan Masjid Nurul Muhajirin di Blok F2 Tanah Abang menuju Vihara Hok Tek Tjeng SinKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Terowongan Masjid Nurul Muhajirin di Blok F2 Tanah Abang menuju Vihara Hok Tek Tjeng Sin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+