Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2023, 18:32 WIB

KOMPAS.com - Berwisata ke luar negeri tidak harus menghabiskan biaya yang sangat banyak. Ada beberapa destinasi yang bisa didatangi dengan biaya tidak terlalu besar, misalnya sekitar Rp 5 juta.

Beberapa destinasi ersebut ada di kawasan Asia Tenggara. Selain tidak perlu visa, biaya hidup dan mata uangnya juga tidak jauh berbeda dari Indonesia. 

Baca juga:

"Untuk liburan Rp 5 juta bisa ke Malaysia, Singapura, atau Thailand. Biasanya tiga atau empat hari masih bisa dapat ke Thailand kalau Rp 5 juta," kata staf dari Golden Rama Tours and Travel, Sony, kepada Kompas.com, Rabu (11/1/2023).

 

Senada, agen perjalanan lain juga mengatakan negara-negara yang bisa dikunjungi dengan bujet di bawah Rp 5 juta adalah negara di kawasan Asia Tenggara. 

"Kalau untuk Asia Tenggara, bisa ke Bangkok, Vietnam. Malaysia, Singapura juga bisa," ujar VP Leisure Travel Bayu Buana Airinne Sutrisno kepada Kompas.com, Selasa (17/1/2023).

Lantas, apa saja negaranya dan bagaimana kira-kira kisaran harga untuk berlibur ke negara tersebut dengan budget (bujet) terbatas? Berikut Kompas.com rangkum informasinya. 

Negara yang bisa dikunjungi dengan budget Rp 5 juta

1. Thailand

Ilustrasi Thailand. Thailand akan meminta pelancong asing wajib menunjukkan bukti telah divaksinasi Covid-19 penuh sebelum terbang ke Thailand.WIKIMEDIA COMMONS/CEPHOTO, UWE ARANAS Ilustrasi Thailand. Thailand akan meminta pelancong asing wajib menunjukkan bukti telah divaksinasi Covid-19 penuh sebelum terbang ke Thailand.

Thailand menjadi negara yang populer untuk dikunjungi dengan beragam atraksi menarik dan biaya cukup murah.

Paket wisata ke Thailand yang ditawarkan oleh beberapa agen perjalanan mulai dari Rp 3 jutaan, belum termasuk tiket pesawat. 

"Bangkok empat hari tiga malam, city tour (berwisata di kota), penginapan hotel bintang tiga, sama transportasi domestik, mulai Rp 3 jutaan. Tamu kalau mau cari tiket lagi totalnya bisa Rp 5-6 jutaan," kata Airinne. 

Bayu Buana, salah satunya, menawarkan paket Bangkok Pattaya Land Tour mulai Rp 3,3 juta per orang. 

Baca juga:

Selama waktu tersebut, wisatawan bisa menuju Pattaya, berkunjung ke Nongnooch Village, galeri seni Art in Paradise, Frost Magical Ice of Siam, Sungai Chao Praya, Wat Arun, belanja di MBK & Platinum Mall, serta wisata kuliner di Jodd Fairs Night Market. 

Jika ingin bepergian sendiri, pengeluaran juga bisa ditekan dengan memilih fasilitas paling ekonomis, sebagaimana dilaporkan oleh Kompas.com, Minggu (23/2/2020). 

Misalnya, membeli food street mulai Rp 20.000, naik transportasi online, menginap di hostel seharga Rp 100.000 - Rp 400.000, dan belanja oleh-oleh di pasar dengan harga miring. 

Baca juga: 10 Kosakata Bahasa Thailand Dasar bagi Traveler 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+