Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2023, 17:04 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah wisatawan mengaku ditipu agen perjalanan yang menawarkan kapal wisata untuk digunakan berlayar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Sebagai antisipasi agar ke depannya tidak mengalami hal serupa, Direktur Utama Badan Pelaksana Otoritas Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina menyarankan wisatawan untuk mengecek keanggotaan dan legalitas agen perjalanan, termasuk kapal yang terdaftar. 

"Bisa gunakan situs kami juga (untuk mengecek) di https://registration.labuanbajoflores.id/," ujar Shana saat dihubungi Kompas.com, Selasa (24/1/2023). 

Baca juga:

Melalui laman tersebut, calon wisatawan bisa mengecek daftar agen perjalanan atau operator tur, daftar pemandu wisata, daftar kapal, hingga peta zonasi. 

Adapun untuk mengecek keresmian agen perjalanan di luar Labuan Bajo, juga bisa melalui situs asosiasi agen perjalanan seperti ASITA dan ASTINDO (Asosiasi Travel Agent Indonesia), seperti dikutip Kompas.com (24/1/2023). 

Kronologi penipuan kapal wisata

Sebagai informasi, sebelumnya terjadi peristiwa kapal tenggelam di Perairan Batu Tiga Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, pada Sabtu (21/1/2023). Kapal yang tenggelam adalah KLM Tiana Liveboat.

Baca juga: Kisaran Biaya ke Labuan Bajo; Transportasi, Penginapan, dan Makan

Pada kejadian itu, wisatawan seharusnya tidak menaiki kapal bernama KLM Tiana Liveboat tersebut. Sebab, kata wisatawan, bukan kapal itu yang dipesan dan dijanjikan, melainkan kapal wisata Nadia.

Lalu, belakangan ini baru diketahui bahwa kapal Tiana yang mereka tumpangi sebelumnya pernah mengalami kejadian serupa dan menewaskan dua orang penumpang pada 2022.

Shana menjelaskan, izin berlayar suatu kapal sendiri ditetapkan oleh syahbandar atau kepala pelabuhan. Namun, kasus penipuan atau penggantian kapal wisata seperti ini tentu sebaiknya diantisipasi. 

Baca juga: Marak Kecelakaan Kapal Wisata, Pemerintah Diimbau Wajibkan Asuransi Perjalanan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com