Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali Dapat Tambahan Penerbangan Langsung dari 3 Kota di China

Kompas.com - 24/01/2023, 20:48 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Indonesia menerima charter flight dari China setelah pandemi Covid-19 untuk pertama kalinya pada Minggu (22/1/2023). Ke depannya, ada rencana untuk menambah direct flight dari Negeri Tirai Bambu. 

"Kita akan menambah direct flight, itu sudah diumumkan (maskapai penerbangan) Lion Group tidak hanya akan menambah charter flight tapi juga scheduled flight".

Demikian disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat Weekly Press Briefing secara hybrid, Selasa (24/1/2023). 

Baca juga:

Lebih lanjut, kata Sandiaga, sesuai dengan permintaan Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) sebelumnya, terdapat tiga kota yang menjadi fokus tujuan direct flight ke dan dari Indonesia, yakni Beijing, Shanghai, dan Guangzhour.

"Ini yang kita harapkan akan meningkatkan jumlah wisatawan dari Tiongkok," imbuhnya. 

Ia menjelaskan, rencana penambahan penerbangan langsung ini ditujukan untuk mencapai target kunjungan nasional 255.300 wisatawan asal China pada 2023. 

Baca juga: 9 Tempat Wisata di Kuta Selatan Bali, Bisa Jalan di Bawah Laut

Pintu masuk tidak hanya di Bali

Adapun dengan adanya penambahan maskapai penerbangan khususnya direct flight, target kisaran wisatawan asal China diperkirakan mencapai 2.000 hingga 2.500 orang per hari. 

"Tentunya ini terbagi, enggak semuanya di Bali, tapi juga di Manado, Jakarta, dan ada yang masuk melalui Kepulauan Riau," tutur Sandiaga. 

Baca juga:

Sementara itu, ke depannya direncanakan akan ada beberapa maskapai internasional maupun nasional yang melayani penerbangan langsung dari China dalam waktu dekat. 

Selain Lion Air dan Batik Air, kata dia, akan ada beberapa maskapai berbasis China maupun maskapai dalam negeri lainnya. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com