Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Ekstrem, Wisatawan Dilarang Berenang di 3 Pantai Nusa Penida

Kompas.com - 25/01/2023, 17:05 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Klungkung, Bali, melarang wisatawan berenang di tiga pantai di Nusa Penida yakni Pantai Kelingking, Pantai Atuh atau Diamond Beach, dan Angel Billabong.

Larangan ini disampaikan akibat terjadinya cuaca ekstrem, sebagaimana dimuat dalam Surat Edaran (SE) No. 556/028/DISPAR tentang Keselamatan dan Keamanan di Kawasan Pariwisata Nusa Penida pada Senin (23/1/2023).

Baca juga:

"Mencermati cuaca ekstrem akhir-akhir ini dan terjadi beberapa kecelakaan di Nusa Penida, yang mana ada wisatawan yang terseret ombak, di Pantai Kelingking dan Diamond, jadi kami mengantisipasi peristiwa tersebut agar tidak terulang lagi," tutur Kepala Dinas Pariwisata Klungkung Ni Made Sulistiawati, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (25/1/2023).

Adapun poin yang tercantum dalam SE tersebut mencakup:

  • Mengimbau agar senantiasa menjaga keselamatan dan keamanan wisatawan yang berwisata di Nusa Penida.
  • Mengimbau para pengusaha, atau pelaku pariwisata untuk tidak mengizinkan wisatawan untuk berenang di tiga pantai yaitu Pantai Diamond, Pantai Kelingking, dan Angel Billabong.

Baca juga: 4 Tips Naik Kapal ke Nusa Penida Bali, Berangkat Pukul 09.00 Pagi

Diamond Beach yang terletak di Pulau Nusa Penida, Bali. Foto diambil pada Minggu (11/11/2018).Kompas.com/SHERLY PUSPITA Diamond Beach yang terletak di Pulau Nusa Penida, Bali. Foto diambil pada Minggu (11/11/2018).

Sulis menyebutkan, imbauan di poin pertama ini juga berlaku bagi seluruh pelaku usaha pariwisata, termasuk pengusaha jasa transportasi seperti fast boat.

"Ini juga termasuk bagi pengusaha yang melayani jasa transportasi ke Nusa Penida, agar mengutamakan keselamatan wisatawan dan penduduk lokal kami yang menggunakan transportasi tersebut," ujarnya.

Selain itu, wisatawan yang berkunjung ke tiga pantai tersebut juga diminta tetap waspada serta memperhatikan keselamatan diri dan keluarganya.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com